Kapten Spanyol Sergio Ramos, dan gelandang Sergio Busquets selama pelatihan menjelang laga kontra Iran. (reuters)

Prediksi Iran vs Spanyol: Jika Tampil Lepas, Matador Unggul Minimal Dua Gol

RUSIA – Larangan menganggap enteng tim nasional Iran berlaku keras bagi timnas Spanyol saat kedua tim bentrok dalam laga lanjutan Grup B Piala Dunia 2018, di Stadion Kazan’ Arena, Rusia, Kamis (21/6/2018) dini hari WIB.

Sergio Ramos dan kawan-kawan dituntut memetik tiga angka dalam laga keduanya di babak penyisihan Piala Dunia 2018. Sehingga, jika itu terpenuhi maka salah satu tim favorit juara ini tetap berpeluang lolos ke babak 16 besar.

Sebab, sebelumnya di laga perdana Grup B, Spanyol hanya berhasil merebut satu poin setelah diimbangi Portugal. Tak ayal, kedua tim ini masing-masing tertahan di posisi 2 dan 3 dengan poin 1 tertinggal dua angka dari Iran yang pada laga sebelumnya mendapatkan keutungan menang 1-0 atas Maroko.

(BacaDrama Enam Gol Dipertontonkan Spanyol Dan Portugal)

Meski menang beruntung berkat gol bunuh diri penyerang Maroko Aziz Bouhaddouz, Iran tidak boleh diremehkan. Sebelum bertolak ke Rusia, Singa Persia tampil cemerlang di pra kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia. Mereka tak terkalahkan dalam 10 pertandingan Grup A yang dihuni Korea Selatan, Uzbekistan, Qatar dan Tiongkok.

Pasukan Carlos Queiroz tersebut juga pasti tidak mau menyia-nyiakan peluang yang sudah mereka pegang setelah berhasil nangkring di puncak klasemen sementara Grup B. Di sini dibutuhkan kejelian Queiroz setidaknya untuk bisa menahan Spanyol yang sangat butuh kemenangan.

(BacaTragis, Maroko Takluk 0-1 Dari Iran Akibat Gol Bunuh Diri)

Sebaliknya, tuntutan untuk menang bisa menjadi tekanan bagi Spanyol. Sebab jika gagal menang lagi, kontestan unggulan ini terancam angkat kaki dari pentas Piala Dunia.

Di pentas sepak bola manapun, kedua tim ini belum pernah bertemu. Namun, pastinya skuat Spanyol juga bukan tim kacangan. Mereka dipercaya mampu keluar dari tekanan agar bisa bermain lepas. Kuncinya ada pada Fernando Hierro. ‘Pelatih dadakan’ Spanyol ini wajib menggenjot semangat bertarung Matador.

Mengenai komposisi pemain yang akan diturunkan, Hierro sepertinya akan tetap memainkan David De Gea. Meski melakukan blunder saat melawan Portugal, kiper Manchester United itu masih dipercaya sebagai penjaga gawang utama.

“Dia punya kemampuan spesial. Kami tidak pernah meragukannya. Dia pemain yang hebat,” ujar Hierro pada BBC.

(BacaDilarang Istri Nonton Piala Dunia Suporter Meksiko Ini ‘Diam-Diam’ Ke Rusia)

Sementara, untuk formasi pemainnya, Hierro juga dipercaya tetap akan menggunakan pola 4-3-3 seperti saat melawan Portugal. Posisi bek kanan mungkin akan diisi bergantian antara Nacho Fernandez dan Dani Carvajal yang beberapa hari belakangan dinyatakan sudah fit.

Barisan pertahanan Spanyol juga akan diisi oleh Sergio Ramos, Gerard Pique dan Jordi Alba. Di lini tengah, ada Koke, Sergio Busquets dan Andres Iniesta yang siap menjaga keseimbangan dalam menyerang dan bertahan. Lalu trio penggedornya adalah Isco Alarcon, David Silva dan Diego Costa.

Kubu Iran pun dipercaya tidak akan mengubah komposisi pemain maupun formasi. Queiroz diyakini akan kembali menurunkan formasi 4-1-4-1 seperti saat melawan Maroko dengan bertumpu kepada Sardar Azmoun sebagai juru dobrak.

Pertandingan ini diprediksi berakhir dengan kemenangan Spanyol. Jika bisa bermain lepas, juara Piala Dunia 2010 ini dapat unggul minimal dua gol. (ys)

Perkiraan susunan pemain:

Spanyol (4-3-3): De Gea; Carvajal, Ramos, Pique, Alba; Koke, Busquets, Iniesta; Isco, Costa, Silva.

Iran (4-1-4-1): Beiranvand; Rezaeian, Cheshmi, Pouraliganji, Hajsafi; Ebrahimi; Ansarifard, Amiri, Shojaei, Jahanbaksh; Azmoun.

Comments