Kylian Mbappe. mencetak dua gol kegawang Argentina (reuters)

Argentina Keok 3-4 dari Prancis, Messi Tidak Pernah Juara Dunia

RUSIA- Lionel Messi sepertinya tidak akan pernah merasakan jadi juara Piala Dunia bersama Timnas Argentina. Secara menyakitkan Tim Tanggo disingkirkan Prancis dengan kalah 3-4 pada babak 16 Piala Dunia yang dihelat di Kazan Arena, Rusia, Sabtu (30/6/2018) malam WIB.

Messi yang kini berusia 30 tahun sangat mustahil tampil lagi pada Piala Dunia tahun 2022. Bahkan dia sudah mengancam akan mundur usai Piala Dunia Rusia apapun yang terjadi.

Rupanya Messi meski hebat bersama Barcelona, namun kutukan dia tidak bisa membawa Argentina jadi juara kan menghantui karier pemain terbaik dunia selama lima kali ini.

Kekalahan Argentina cukup menyakitkan lewat drama tujuh gol. Empat gol Prancis masing-masing dicetak oleh Antoino Griezmaan menit ke-13 lewat tendangan penalti, Pavard menit ke-57 dan Mbappe menit ke-64 dan menit ke-68.

Adapun gol balasan Argentina dicetak oleh Di Maria menit ke-41, lalu lewat gol Marcado menit ke-48 dan gol Sergio Ag├╝ero pada masa injury time babak kedua tepatnya menit (90+3).

Memang sejak berlaga di babak penyisihan grup, Messi dan kawan-kawan sudah mengkhawatirkan karena mereka terseok-seok, Argentina lolos dari lubang jarum usai menyingkirkan Nigeria dan akhirnya Messi Cs hanya berada di runner-up grup.



Prancis bermain cepat sejak menit awal. Mereka memanfaatkan kelemahan bek Argentina. Lewat serangan balik, Mbappe berlari membawa bola ke kotak penalti, namun ia dijatuhkan oleh Marcus Rojo sehingga wasit menunjuk titik putih. Griezmann yang jadi algojo dengan mulus dan menipu mampu menjebol gawang Argentina.

Namun Argentina mampu membalas lewat di Maria menit ke-41. Menerima umpan dari Baneha, lalu lewat tembakan kaki kiri pemain Paris Saint Germain melepaskan tembakan dan sukses menghujam gawang Prancis. Babak pertama berakhir dengan kedudulan 1-1.

Memasuki babak kedua, Argentina langsung menekan. Laga baru berlangsung tiga menit sudah mampu mencetak gol berawal dari situasi kemelut di kotak penalti Prancis setelah tendangan bebas membawa Messi menguasai bola dengan baik. Dia menggiring bola sejenak dan menembakkan bola. Arah bola kemudian berbelok usai menerpa Mercado dan masuk ke gawang Prancis dan kedudukan 2-1 untuk Argentina.

Rupanya keunggulan itu tidak dipelihara Argentina. Pada menit ke-64 Prancis mampu menyamakan kedudukan berawal dari bola liar yang diterima Mbappe, lalu pemain PSG menggiring bola melewati bek Argentina yang memang sangat lemah. Tanpa ampun dia melepaskan tembakan keras kaki kiri yang tidak bisa dicegah kiper.

Hanya berselang empat menit Mbappe kembali menjebol gawang Argentina. Kali ini Giroud yang memberikan umpan terobosan di sisi kanan kepada Mbappe. Dan lagi-lagi pemain muda Prancis itu langsung melepaskan tembakan keras tanpa bisa dicegah kiper.

Kedudukan 4-2 sempat membuat Argentina tampak terpukul. Namun pada menit ke-85, Messi dengan gaya magisnya menggiring bola melewati beberapa pemain. Namun, sepakan kerasnya masih mengarah lurus kepada kiper.

Lionel Messi tertunduk lesu usai Argentina kalah dari Prancis (reuters)

Argentina akhirnya mampu berhasil memperkecil kekalahan lewat Aguero yang masuk pada babak kedua. Menerima umpan panjang dari Messi lalu lewat sundulan Aguero .

Sayang waktu tinggal hanya satu menit. Namun pada menit-menit terakhir hampir saja Argentina menyamakan kedudukan melalui Aguero. Akhirnya kekalahan Argentina kalah 3-4 dan mereka harus angkat koper. Ini jauh berbeda dari raihan mereka pada Piala Dunia 2014 yang sampai masuk final. (b)

Comments