Bek Prancis Samuel Umtiti merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Belgia dalam semi final Piala Dunia 2018. (reuters)

Atasi Belgia, Prancis ke Final Piala Dunia

RUSIA – Prancis melangkah ke final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Belgia di babak semi final, Rabu (11/7/2018). Gol tunggal yang menentukan itu dicetak bek Samuel Umtiti dengan sundulannya.

Laga yang digelar di Stadion Krestovski itu berjalan seru sejak awal. Kedua kubu bermain terbuka hingga terjadi jual beli serangan.

Menit 16, Belgia mencetak peluang. Eden Hazard mendapat umpan silang dari Kevin de Bryune. Sayang tembakannya tipis di luar mistar Prancis.

Belgia kembali mendapat peluang di menit 22 ketika Alderweirel melepas tembakan keras. Tapi ada kiper Lloris yang menepis bola tinggi itu.

Ancaman Prancis datang dari Giroud. Ia menanduk bola crossing Pavard. Tapi sundulannya tak mencapai sasaran.
Menit 40, Prancis kembali mengancam ketika Pavard masuk ke kotak penalti. Tembakannya digagal kiper Courtois dengan kakinya.

Kedua tim masuk ruang ganti dengan skor imbang 0-0.
Usai jeda, Belgia langsung menekan lewat umpan lambung Witsel. Tapi sundulan Lukaku masih melaang di atas gawang lawan.

Menit 51, Umtiti melompat tinggi menyambut umpan terukur Griezmann dari sepak pojok. Bola masuk ke gawang tanpa bisa dicegah Coutrois. Skor mnejadi 1-0 untuk Prancis.

Belgia mendapat peluang untuk menymakan kedudukan di menit 81. Witsel melepas tembkan keras mengarah ke gawang Lloris. Namun kipr rancis itu bisa mementahkannya.

Wasit memberi tambahan waktu 6 menit. Pemain Prancis berupaya memperlambat waktu. Namun di ujung waktu tambahan itu, Prancis nyaris menggandakan keunggulan saat Belgia menekan.

Sebuah serangan balik dilakukan hingga Tolisso melepas tembkan di depan kotak penakti. Tapi Courtois cepat menepisnya.

Hingga wasit meniup pluit panjang, tak ada gol tambahan. Prancis pun ke final. Di partai puncak, skuat Didier Deschamps ini akan menghadapi pemenang laga Kroasia melawan Inggris. (yp)

Susunan pemain:
Prancis: Lloris; Pavard, Varane, Umtiti, L Hernandez; Pogba, Kante, Matuidi (Tolisso 87); Mbappe, Giroud (N’Zonzi 86), Griezmann
Belgia: Courtois; Alderweireld, Kompany, Vertonghen, Chadli (Batshuayi 90+2), Fellaini (Carrasco 81), Dembele (Mertens 60), Witsel; De Bruyne, Hazard, Lukaku

Comments