Belgia latihan di Stadion , Kaliningrad, Rusia (reuters)

Belgia Tantang Inggris Demi Gengsi

RUSIA – Tim ‘Tiga Singa’ Inggris dan ‘Setan Merah’ Belgia bakal menunjukkan kemampuan terbaik mereka pada laga pamungkas babak penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 di Stadion Kaliningrad, Jumat (29/6) pukul 01:00 WIB. Demi gengsi, kedua tim akan sama-sama membidik tiga angka demi melenggang mulus sebagai juara grup.

Maklum, kedua tim sudah sama-sama memastikan tempat di babak 16 besar setelah sama-sama mengoleksi enam poin. Kedua tim mengkangkangi Tunisia dan Panama yang menempati urutan dua terbawah, tanpa angka.

Artinya, apa pun hasil yang diraih pada laga Panama kontra Tunisia di saat yang bersamaan, tidak akan mengubah nasib Inggris dan Belgia ke babak 16 besar. Pun demikian, duel antara Inggris dan Belgia akan menentukan siapa yang layak menempati posisi sebagai juara grup. Hal inilah yang dianggap penting bagi penjaga gawang Belgia, Thibaut Courtois.

Menurutnya, bisa mengalahkan Harry Kane Cs adalah kebanggaan bagi Courtois sebelum kembali ke London untuk bergabung dengan Chelsea. “Saya tidak berpikir itu penting jika menyelesaikan babak penyisihan di peringkat pertama dan kedua. Tetapi jika Anda ingin memiliki perasaan menang, yang terbaik harus menang. Ini tentang gengsi karena kami memiliki banyak orang (Inggris) yang dikenal. Bagi saya, ada kebanggaan yang dipertaruhkan. Saya tidak ingin kembali ke London dengan kepala tegak,” kata Courtois seperti disitat Mirror.

Hal senada juga diungkapkan sang kapten, Eden Hazard. Menurut pemain yang juga memperkuat Chelsea itu, mengalahkan Inggris akan membuat Belgia makin disegani lawan. “Kami ingin memenangkan pertandingan itu dan menjadi juara grup. Bukan hanya untuk saya pribadi tapi juga untuk membuat sebuah pernyataan pada lawan kami selanjutnya, kami adalah Belgia, kami adalah juara grup dan kami telah mengalahkan Inggris,” tegas Hazard yang kemungkinan masih akan dipercaya pelatih Roberto Martinez untuk memimpin rekan-rekannya pada laga nanti.

Sayang, Romelu Lukaku kemungkinan akan disimpan oleh Martinez setelah sempat mengalami masalah cedera ringan saat membantai Tunisia 5-2 pada laga sebelumnya. Hal ini tentunya bisa menjadi celah bagi Tiga Singa untuk lebih leluasa mendominasi permainan. Pelatih Gareth Southgate bahkan menegaskan Inggris tidak akan mengalah, meskipun ada banyak saran yang mengatakan mereka lebih baik finis sebagai runnerup grup demi menjaga kebugaran para pemain di babak 16 besar. “Bagi kami, itu (mengalah) akan menjadi pola pikir yang sangat sulit untuk kami terima,” tegas Southgate.

Laga ini akan menjadi pertemuan ketiga antara Inggris dan Belgia di Piala Dunia, dimana Tiga Singa mencatatkan penampilan tanpa kekalahan Setan Merah. Inggris ditahan 4-4 pada edisi 1954 dan menang 1-0 di putaran kedua 1990. Inggris tampil tak pernah kalah dalam 11 pertemuannya dengan Belgia (M7 S4). Kemenangan terakhir terjadi pada laga ujicoba Juni 2012 lalu dengan skor 1-0. Belgia mampu memenangkan dua laga pembuka di Piala Dunia 2018 dengan margin tiga gol. Sebelumnya tidak ada tim lain yang pernah menang dengan margin tiga gol atau lebih dalam tiga laga beruntun di Piala Dunia. (junius)

Perkiraan Pemain:
Inggris (3-5-2): Jordan Pickford (g); Phil Jones, John Stones, Gary Cahill; Trent Alexander-Arnold, Ruben Loftus-Cheek, Eric Dier, Jesse Lingard, Danny Rose; Marcus Rashford, Harry Kane.
Belgia (3-5-2): Thibaut Courtois (g); Thomas Vermaelen, Dedryck Boyata, Toby Alderweireld; Mousa Dembele, Marouane Fellaini, Nacer Chadli, Thorgan Hazard, Youri Tielemans: Eden Hazard, Michy Batshuayi.

Comments