Didier Deschamps dengan trofi Piala Dunia. (reuters)

Bersatu Dalam Keberagaman Kunci Sukses Prancis

RUSIA – Bomber Timnas Prancis, Antoine Griezmann mengaku belum menyadari makna di balik kesuksesan tim berjuluk Ayam Jago itu menjuarai Piala Dunia 2018.

Di sisi lain, pelatih Didier Deschamps mengaku bangga bahwa dibalik kesuksesan tersebut karena adanya rasa persatuan di antara keberagaman sehingga mampu membawa negaranya menjadi juara untuk kedua kalinya di ajang bola sejagat.

“Saya belum benar-benar menyadari sesungguhnya ini apa. Saya sangat bangga dengan tim ini, pemain dan staf, anggota tim kepelatihan dan juga staf medis. Kami adalah kelompok yang bersatu. Kami melakukan sesuatu yang luar biasa. Kami menciptakan sejarah dan kami akan menikmatinya. Kami akan bertemu dengan keluarga kami dan kami akan berpesta. Besok di Prancis pun sama, kami akan berpesta dengan rakyat Prancis,” kata Griezmann yang sudah tidak sabar untuk bertolak ke Prancis dan merayakan pesta kesuksesan mereka usai menjuarai Piala Dunia 2018, seperti dikutip L’Equipe.

PEMAIN TERBAIK

Selain membawa Prancis menjadi juara, ia juga didaulat FIFA sebagai Pemain Terbaik di laga puncak Piala Dunia 2018 itu. Prancis berhasil menjadi juara usai mengalahkan Kroasia 4-2 pada partai final yang digelar di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7) malam WIB.

Kesuksesan itu membuat Prancis mengulangi prestasi emas 20 tahun lalu ketika juara di Piala Dunia 1998 di tanah sendiri. Rasa bangga juga ditunjukkan Deschamps yang justru mengaku bahwa kesuksesan timnya tidak terlepas dari adanya persatuan dan kesatuan dari keberagaman.

Maklum, lebih dari setengah skuadnya punya garis keturunan dari benua Afrika, yakni sebanyak 15 pemain. Sementara sebagian lagi punya garis keturunan dari Spanyol, Jerman, dan Italia. Mereka semua bersatu untuk membela satu bendera, yakni Prancis. (junius/bu)

Comments