Neymar mencetak gol kedua bagi Brasil. (reuters)

Ditekuk Brasil 2-0 Kosta Rika Dipastikan Tersingkir

RUSIA- Brasil dengan susah payah akhirnya mampu menang 2-0 melawan Kosta Rika pada laga babak penyisihan E Piala Dunia di Stadion Saint-Petersburg, Rusia, Jumat (22/6/2018) malam WIB.

Adalah Philippe Coutinho dan Neymar jadi pahlawan Brasil dengan dua gol mereka di akhirnya pertandingan atau masa injury time tepatnya pada menit (90+1) dan (90 + 7).

Dengan hasi ini Kosta Rika tersingkir dari Grup E. Sedangkan yang masih berpeluang adalah Serbia yang akan menghadapi Swiss.

Seperti diketahui sebelumnya Serbia juga mampu mengalahkan Kosta Rika sedangkan Swiss mampu menahan imbang 1-1 Brasil.

Kini Brasil naik ke puncak klasemen mengemas empat angka, Serbia urutan kedua dengan tiga nilai, Swiss di posisi ketiga dengan nilai satu sedangkan Kosta Rika juru buncit tanpa poin.

Tidak mudah bagi Brasil mengalahkan Kosta Rika. Meski mengusai pertandingan sejak menit awal namun usaha mereka banyak yang gagal lantaran pertahanan Kosta Rika begitu rapi menutup semua celah. Termasuk tangguhhnya Keylor Navas di bawah mistar gawang Kosta Rika. Beberapa kali kiper Real Madrid itu mampu menyelamatkan gawangnya. Akibatnya babak pertama berakhir 0-0.

Memasuki babak kedua Brasil yang wajib menang jika ingin lolos terus menekan Kosta Rika. Pada menit ke-50, Brasil mendapatkan kesempatan emas . Sundulan Gabriel jesus masih menerpa mistar gawang usai menerima umpan siang. Bola liar kemudian mengarah kepada Coutinho yang berdiri bebas di dalam kotak penalti. Beruntung Gamboa berhasil menghalau bola sebelum mengarah langsung ke gawang dari jarak dekat.

Menit ke-78, Neymar dijatuhkan pemain belakang Kosta Rika , Gonzalez di kotak penalti. Wasit lalu menunjuk titi putih. Namun keputusan wasit itu diprotes pemain-pemain Kosta Rika. Akhirnya wasit meminta bantuan VAr dan menganggap tidak ada pelanggaran terhadap Neymar sehingga hadiah penalti dibatalkan. Neymar masih tampak frustasi dengan keputusan sang pengadil itu.

Kosta Rika rupanya puas jika hanya bermain imbang. Mereka tampak mengulur-ulur waktu sehingga membuat Nyemar kesal dan mebanting bola akibatnya dia kena kartu kuning.

Di sisa waktu yang ada Brasil terus menyerang. Beruntung wasit memberikan pertambahan waktu enam menit dan benar-benar bisa dimanfaatkan oleh Brasil.

Semenit waktu normal berlalu akhirnya Brasil mampu memecah kebuntuan. Berawal dari kemelut di depan gawang Kosta Rika, Firmino mengirim bola ke Gabriel Jesus. Namun karena pemain Manchester City itu tidak punya ruang tembak, ia mengoper bola ke Coutinho yang berlari dari belakang dan mampu menjebol gawang Keylor Navas.

Gol itu membuat Kosta Rika yang tadinya bermain bertahan justru mulai main terbuka. Ini jadi petaka bagi mereka. Sisa waktu enam menit benar-benar dimanfaatkan Brasil dan tidak puas dengan satu gol.

Gol kedua Brasil tercipta menit ke-90+7 ketika Douglas Costa de Souza memberi umpang matang kepada Neymar yang kemudian dengan lututnya menjebol gawang Navas. Unggul 2-0 disambut gembira pemain-pemain Brasil dan stadion yang dipenuhi suporter Brasil itu pun bergemuruh. (b)

Comments