Lee Yong yang meratapi kekalahan Korsel dari Mesiko dicoba ditenangkan oleh rekan-rekannya (reuters)

Ditekuk Meksiko 2-1 Korea Selatan Tersingkir

RUSIA– Meksiko memiliki peluang lebih besar lolos babak 16 Piala Dunia Rusia setelah mampu mengalahkan Korea Selatan 2-1 pada laga penyisihan Grup F di Rostoc Arena, Sabtu (23/6/2018) malam WIB.

Dengan kemenangan ini Meksiko memiliki enam poin dari dua kali laga dan berhasil berada di puncak klasemen sementara Grup F. Inggris ada di peringkat kedua dengan nilai tiga.
Jerman dan Korea Selatan belum memiliki poin berada di peringkat tiga dan empat,.

Jerman akan menghadapi Swedia sebentar lagi. Pada laga ini Jerman yang kalah di laga perdana dari Mesiko ada dalam tekanan.

Pasalnya jika Swedia menang makan dipastikan yang lolos adalah Swedia dan Meksiko. Tetapi kalau Jerman menang, siapa yang lolos ke babak 16 masih ditentukan pada laga terakhir Grup P.

Hanya saja peluang Meksiko lebih baik karena hanya bermain seri melawan Swedia di laga terakhir, mereka akan lolos. Namun kalau kalah, maka selisih gol akan jadi penentu. Ini tentu dengan catatan jika Jerman juga berhasil menang atas Korea Selatan di laga terakhir. Sebab jika ini terjadi maka tiga tim akan memilik masing-masing enam poin.

Yang pasti dari Grup F, Korea Selatan sudah tersingkir sebab apapun hasilnya melawan Jerman sudah tidak berguna.

Pada laga melawan Meksiko, janji Korea Selatan bakal merampok tiga poin tidak terwujud. Mereka justru kebobolan pada menit ke-26 lewat tendangan penalti Carlos Vela.

Hadiah penalti diberikan wasit karena Hyun Soo mengangkat tangan saat mencoba menutup umpan silang Gallardo dari sisi kiri dan handsball pun terjadi. Vela yang jadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Namun hanya itu gol yang tercipta pada babak pertama. Pasalnya kedua tim yang sebetulnya memiliki peluang tidak mampu mewujudkannya menjadi gol.

Memasuki babak kedua, Korea Selatan berusaha mencari gol penyeimbang. Seperti pada menit ke-53 ketika Moon melepaskan tembakan dari dalam kotak dan mengenai badan dari Salcedoa dan ia meminta penalti. Namun dari tayangan ulang, tangan Salcedo dalam keadaan pasif menempel di badan sehingga wasit tidak menganggapnya pelanggaran.

Justru Meksiko mampu menambah keunggulan pada menit ke- 66 lewat sepakan keras Javier Hernández .

Berawal dari serangan balik yang dibangun pemain Meksiko yang mampu merebut bola dari kaki pemain Korsel. Oleh Lozano, bola dibawa hampir setengah lapangan lalu melepaskan umpan terobosan kepada Hernandez. Dengan cerdik Hernandez mampu menjebol gawang Korea Selatan setelah terlebih dahulu mengecoh bek Korsel .

Unggul 2-0 sepertinya bakal milik Meksiko. Namun pada masa injury time babak kedua, Korea Selatan mampu memperkecil kekalahan lewat gol cantik Son Heung-Min tepatnya pada menit ke- (90+3).

Berawal dari umpan yang diberika oleh Jae-Sung Lee dari sisi kiri pertahanan Meksiko. Dari luar kotak penalti Son Heung-Min melepaskan sepakan keras dengan kaki kiri bola meluncur deras ke arah gawang dan tak bisa dihentikan sedikit pun oleh Ochoa.

Sisa waktu tiga menit lagi tidak bisa dimanfaatkan oleh Korea Selatan untuk menyamakan kedudukan. Mereka pun harus puas kalah 1-2 dan sepertinya akan tersingkir dari laga Piala Dunia di Rusia.

Ini adalah kelahan kedua Korea Selatan setelah sebelumnya ditekuk Swedia di laga perdana.(b)

Comments