Kapten Peru Paolo Guerrero cetak gol kedua untuk Peru ke gawang Australia. (reuters)

Ditekuk Peru 0-2, Australia Gagal ke 16 Besar Piala Dunia 2018

RUSIA – Australia gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah ditekuk 2-0 oleh Peru, di Fisht Stadium, Rusia, Selasa (26/6/2018) malam WIB. Dua gol untuk Peru dicetak oleh Andere Carillo dan JosĂ© Paolo Guerrero.

Kedua gol itu terjadi masing-masing pada awal-awal babak pertama dan kedua. Tepatnya pada menit 18 dan 50.

Carillo berhasil membuka keunggulan melalui tendangan voli memanfaatkan umpan silang dari Guerrero. Bola hasil sepakannya meluncur kencang ke sudut kanan bawah gawang Mathew Ryan hingga kiper 26 tahun itu tak mampu menghalaunya.

Gol ini sekaligus menjadi gol pertama bagi Peru di Piala Dunia 2018. Pada laga sebelumnya melawan Denmark dan Prancis, Peru selalu kalah tipis 1-0.

Australia yang berambisi lolos ke babak 16 besar kemudian berupaya membalas dengan meningkatkan intensitas serangan. Tim Kanguru pun lebih menguasai permainan ketimbang Peru.

Namun, meski banyak diserang, lini belakang Peru tetap tangguh. Hingga turun minum, skor tidak berubah tetap 0-1.

Babak kedua berjalan, Australia kembali unggul dalam penguasaan bola. Namun, Peru sekali lagi berhasil membuat Australia terpukul pada menit 50.

Gol pamungkas itu dicetak oleh Guerrero dengan memanfaatkan bola liar yang sempat memantul bek Australia. Kapten Peru itu sukses menggandakan keunggulan sekaligus menutup kemenangan timnya.

Australia tidak tinggal diam. Banyak peluang mereka ciptakan. Namun kiper Peru Pedro Gallese tampil sangat baik sehingga tak ada satupun peluang dari Australia yang berbuah gol.

Dengan hasil itu Peru finis di posisi 3 klasemen akhir Grup C Piala Dunia 2018 dengan perolehan 3 poin. Sementara, Australia menjadi juru kunci karena hanya mengumpulkan 1 poin.

Adapun peringkat 1 dan 2 tetap ditempati oleh Prancis dan Denmark yang pada pertandingan pamungkasnya bermain imbang 0-0. Kedua tim masing-masing mengemas nilai 7 dan 5.

Hasil ini juga membuat Australia dan Peru harus segera angkat koper. Sementara Prancis dan Peru lolos ke fase berikutnya dan akan berhadapan dengan runner-up dan juara grup D yang dihuni Kroasia, Argentina, Nigeria dan Islandia. Keempat tim itu baru akan menjalankan laga penentuan dini hari nanti. (ys)

 

 

Comments