Foto Reuters

Diwarnai Keributan, Serbia Curi Poin Penting Atasi Kosta Rika

RUSIA – Tim nasional Serbia berhasil mencuri tiga poin setelah menang atas Kosta Rika dengan skor 1-0 dalam laga pembuka Grup E Piala Dunia 2018, Minggu (17/6/2018). Gol semata wayang Si Elang disumbangkan oleh Aleksandar Kolarov.

Pertandingan yang digelar di Samara Arena, Rusia ini, berlangsung cukup ketat pada babak pertama. Kosta Rika mendapatkan kesempatan dengan dua tembakan on target. Sementara, Serbia hanya satu.

Meski sempat mengurung pertahanan Kosta Rika, Serbia tidak berhasil menunjukkan peluang yang membahayakan saat menyerang.

Peluang pertama sebenarnya diperoleh Serbia pada menit ke-1 melalui Ivanovic. Mantan pemain Chelsea ini berhasil mengirimkan umpan matang ke arah Mitrovic namun bola hanya menghasilkan tendangan pojok.

Semenit kemudian giliran Kosta Rica balas menyerang. Namun, satu umpan manis dari Ruiz di dalam kotak berhasil ditepis kiper Serbia, Vladimir Stojkovic.

Serbia kembali mendapat peluang pada menit ke 7 dan 12 namun masih belum berbuah gol.

Memasuki menit ke-22, tensi permainan mulai memanas. Sayap kiri Kosta Rika, Francisco Calvo mendapat kartu kuning usai menekel Milivohevic. Tekelan dari arah belakang ini sempat membuat pengawa Crystal Palace itu dirawat di pinggir lapangan.

Lima menit kemudian, kiper Kosta Rika, Keylor Navas, menunjukkan kecemerlangannya setelah berhasil menepis tendangan Milinkovic-Savic yang menerima bola panjang. Sepak pojok untuk Serbia namun belum juga ada hasil yang membuat penonton bersorak sorai.

Tempo pertandingan menurun pada menit 35. Hingga turun minum, skor yang tercatat di papan skor masih 0-0.

(BacaKosta Rika Bukan Tim Kacangan, Meski Serbia Diunggulkan)

Babak kedua dimulai. Navas kembali menunjukkan skill-nya dengan melakukan penyelamatan gemilang. Berhadapan satu lawan satu dengan Mitrovic yang hanya berjrak 10 meter, penjaga gawang Real Madrid itu berhasil merentangkan tangannya dan membuang bola sepakan Mitrovic ke sisi kiri gawang.

Namun, kecermelangan Navas tidak sempurna. Ia terpaksa harus memungut bola dari dalam gawangnya hasil tendangan bebas Kolarov di menit 56. Winger AS Roma itu melepaskan sepakan melengkung dengan meletakkan bola di ujung kanan atas gawang Navas. Tak terjangkau oleh Navas, Serbia unggul 1-0.

Usai mencetak gol, Serbia terlihat mengendurkan serangan. Sebaliknya, Kosta Rika yang pada pertandingan ini mengenakan berseragam merah biru, menyerang untuk menyamakan kedudukan. Namun, tidak ada serangan yang membahayakan.

Wasit memberi tambahan waktu lima menit. Namun, meski banyak menyerang Kosta Rika tidak mampu memanfaatkan masa perpanjangan waktu itu dengan baik.

Pertandingan pun segera berakhir. Namun terjadi pertikaian dan saling dorong antar kedua tim setelah satu pelanggaran oleh pemain Kosta Rika. Menit kelima ada sedikit perkelahian antara Nemanja Matic dan para pemain di bangku cadangan Los Ticos. Wasit akhirnya meniup peluit panjang, pertandingan ditutup dengan skor 1-0 untuk Serbia.

Kosta Rika sebenarnya adalah tim yang mengejutkan di Piala Dunia 2014 Brasil. Saat itu mereka berhasil memuncaki klasemen grup di atas Italia, Uruguay dan Inggris. Mereka pun berhasil melewati Yunani di babak 16 besar setelah menang adu penalti, tetapi sangat disayangkan kalah adu penalti di perempat final saat melawan Belanda.

(BacaSerbia Punya Materi Pemain Lebih Andal Hadapi Kosta Rika)

Adapun kekalahan dari Serbia ini akan menyulitkan mereka lolos ke babak berikutnya. Sebab harus menghadapi Brasil dan Swis pada pertandingan sisa di Grup B.

Sebaliknya, bagi Serbia, hasil ini menjadi modal berharga sebelum melawan Brasil dan Swis yang akan berhadapan dini hari nanti. Serbia memuncaki klasemen sementara Grup B dengan poin 3.

Susunan pemain Kosta Rika vs Serbia :

Kosta Rika (3-4-2-1): 1-Keylor Navas; 2-Johnny Acosta, 3-Giancarlo Gonzalez, 6-Oscar Duarte; 16-Cristian Gamboa, 5-Celso Borges, 20-David Guzman (12-Colindres 73’), 15-Francisco Calvo; 10-Bryan Ruiz, 11-Johan Venegas (7-Christian Bolanos 60’); 21-Marco Urena (9-Joel Campbell 67’).

Serbia (4-2-3-1): 1-Vladimir Stojkovic; 6-Branislav Ivanovic, 15-Nikola Milenkovic, 3-Dusko Tosic, 11-Aleksandar Kolarov; 4-Luka Milivojevic, 21-Nemanja Matic; 10-Dusan Tadic (2-Antonio Rukavina 83’), 20-Sergej Milinkovic-Savic, 22-Adem Ljajic (17-Filip Kostic 70’); 9-Aleksandar Mitrovic (8-Aleksandar Prijovic 90’)

(ys)

Comments