Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi usai mencetak gol pertamanya di Pala Dunia 2018 Rusia ke gawang Spanyol, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB. (reuters)

Drama Enam Gol Dipertontonkan Spanyol dan Portugal

RUSIA- Laga seru dipertontonkan Spanyol dan Portugal. Cristiano Ronaldo kembali tampil jadi pemain bintang dengan tiga golnya dalam drama enam gol yang akhirnya berakhir 3-3.

Laga penyisihan Grup B Piala Dunia di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Sabtu (16/6/2018) memang benar-benar menunjukan permainan kelas dunia.

Ronaldo mencetak ketiga golnya masing-masing pada menit keempat lewat titik penalt lalu menit ke-44 serta menit ke-88 yang menghindarkan Portugal dari kekalahan.

Sedangkan bagi Spanyol, bintangnya adalah Diego Costa dengan dua golnya masing-masin menit ke24 dan 44 serta satu lagi gol dicetak oleh Nacho.

Baru empat menit laga berjalan, Portugal langsung membuka keunggulan lewat eksekusi penalti Cristiano Ronaldo. Penalti didapat setelah superstar Real Madrid dilanggar rekannya di klub, Nacho Fernandez.

Tentu saja gol itu membuat Spanyol langsung meningkatkan intensitas serangan. Pada menit ke-24, Diego Costa menyamakan kedudukan. Gol ini berawal setelah Costa memenangkan duel udara lawan Pepe dan mengecoh sejumlah pemain sebelum membobol gawang Rui Patricio.

Sebetulnya Spanyol harusnya unggul karena memiliki sejumlah peluang, mulai dari tembakan Isco yang digagalkan mistar gawang hingga sepakan kaki kiri Andres Iniesta yang tipis melebar.

Justru keasyikan menyerang Spanyol kembali tertinggal pada menit ke-44. Menerima umoa dari Goncalo Guedes, sepakan Ronaldo gagal diantisipasi dengan baik oleh De Gea. Gol ini tidak lepas dari kelemahan kiper Manchester United tersebut.

Memasuki babak kedua, Spanyol kembali mengurung Portugal dan menit ke-55 mampu menyamakan kedudukan. Berawal dari kombinasi sepakan bebas Koke dan David Silva, Busquets menanduk bola di tiang jauh untuk menyodorkan bola tepat di depan gawang Rui Patricio. Diego Costa mampu dengan baik mengarahkan bola ke gawang Portugal/

Bahkan Spanyol berbalik unggul tiga menit kemudian lewat Nacho. Bek Real Madrid ini mampu menebus kesalahannya di awal laga dengan mencetak gol indah melalui tembakan keras yang sempat menerpa tiang kanan gawang Portugal sebelum masuk.

Situasi unggul membuat Spanyol semakin nyaman dalam melakukan menguasaan bola dalam sepertiga akhir permainan. Tapi Portugal yang pantang menyerah berhasil terhindar dari kekalahan setelah Ronaldo mencatatkan hat-tricknya ketika laga hanya menyisakan dua menit.

Lewat tembakan bebas melengkung Ronaldo berhasil melewati pagar betis dan sukses membuat De Gea tidak bergerak. Di sisa laga yang ada tidak ada lagi gol tercipta dan berakhir 3-3.

Sementara di Grup B, Iran berada di puncak klasemen dengan nilai tiga karena menang 1-0 atas Maroko dan Spanyol serta Portugal ada di tempat kedua masing-masing memiliki satu poin.

Selanjutnya, Portugal akan bertemu Maroko (20/6) yang berada di dasar klasemen setelah takluk di pertandingan pertama. Sementara Spanyol akan menghadapi Iran beberapa jam berselang. (b)

Comments