Salem Al Dawsari merayakan gol Arab Saudi dengan gaya bersalto (reuters)

Dramatis Arab Saudi Tekuk Mesir 2-1

RUSIA- Arab Saudi menang dramatis 2-1 atas Mesir dalam lanjutan penyisihan Grup A Piala Dunia Rusia di Volgograd Arena, Senin (25/6/2018) malam WIB.

Gol Mesir diciptakan oleh bintang mereka, Mohamed Salah menit ke-22 dan gol balasan Arab Saudi lewat tendangan penalti Salman Al Faraj pada masa injury time babak pertama dan pada masa injury time babak kedua oleh Salem Al Dawsari.

Laga wakil Asia dan Afrika ini sudah tidak mempengaruhi posisi mereka sebab mereka sudah tersingkir.

Yang lolos dari Grup A adalah Uruguay yang berhasil meraih poin penuh dari tiga kali laga, lalu disusul tuan rumah Rusia yang memang dua kali dan berhak di peringkat kedua.

Arab Saudi berada di posisi ketiga dengan nilai tiga sedangkan Mesir di posisi buncir tanpa poin karena tiga kali kalah.

Meski tidak berpengaruh namun kedua tim tetap ngotot untuk mencari kemenangan. Tentu ini dilakukan demi gengsi kedua tim yang selama ini dinilai mewakili negara Islam.

Mesir yang turun dengan bintang utama mereka Mohamed Salah unggul terlebih dahulu. Gol tersebut berawal dari El Said mengumpan bola panjang kepada Salah yang dikepung oleh dua bek tengah, namun Salah berhasil mengontrol bola lebih dulu dan bola bisa melewati kepala penjaga gawang Arab Saudi, Al Mosailem.

Pada menit ke-39, Arab Saudi mendapat hadiah penalti dari wasit karena Fathy menyentuh bola di kotak penalti Mesir saat menahan umpan silang yang dilepaskan oleh Al Shahrani.

Fahad Al Muwallad yang dipercaya menjadi algojo gagal menjalankan tugasnya. Bola ditepis oleh El Hadary kemudian bola membentur mistar gawang.

Namun akhirnya Arab Saudi mampu membalas pada masa perpanjang waktu babak pertama.Lagi-lagi wasit memberikan hadiah penalti karena Fahad dijatuhkan oleh Ali Gabr didalam kotak penalti Mesir.

Awalnya ada protes dari pemain-pemain Mesir sehingga wasit minta bantua VAR yang ternyata menyatakan ada pelanggaran. Selain menunjuk titik putih, wasit juga memberikan kartu kuning kepada Ali Gabr untuk pelanggarannya terhadap Fahad.

Al Faraj yang menjadi penendang penalti berhasil menyamakan kedudukan setelah mampu mengarahkan bola ke arah kanan gawang dan gagal dibaca dengan baik oleh El Hadary yang bergerak ke arah kiri. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-1.

Memasuki babak kedua, Arab Saudi berusaha mendominasi pertandingan. Mereka sepertinya bernafsu mengalahkan Mesir. Menit ke-69 pluang emas didapatkan oleh Arab Saudi ketika Salman Al Faraj melepaskan umpan lambung kemudian disambut dengan sundulan Hussain Al Moghawi yang masih bisa ditepis oleh El Hadary.

Arab Saudi terus menekan. Usaha mereka tidak sia-sia. Salem Al Dawsari berhasil membawa Arab Saudi unggul 2-1 setelah sepakannya dari sudut sempit memanfaatkan umpan Otayf tak bisa diantisipasi oleh El Hadary. (b)

Comments