Pemain-pemain tuan rumah Rusia sedih setelah gagal menembus semifinal Piala Dunia. (reuters)

Dramatis, Rusia Disingkirkan Kroasia Lewat Adu Penalti

RUSIA– Lewat laga dramatis akhirnya Rusia berhenti meraih mimpi lebih jauh setelah kalah lewat adu penalti dari Kroasia pada babak penyisihan perempat final Piala Dunia di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Minggu (8/7/2018) dinihari WIB.

Rusia sempat unggul pada menit ke-31 lewat gol Cheryshev namun dibalas oleh Kroasia lewat gol A. Kramarić pada menit ke-39. Lantaran hasil imbang tetap berakhir hingga 90 menit laga normal maka pada perpanjang waktu, justru Kroasia yang unggul menit ke-100 oleh gol Vida.

Giliran Rusia membalas pada menit ke-115 lewat gol Fernandes sehingga kedudukan 2-2 sampai laga berakhir dan akhirnya dilakukan adu penalti. Pada saat tos-tosan ini Rusia akhirnya kalah 3-4.

Dengan hasil ini Kroasia akhirnya melaju ke semi-final dan akan menghadapi Inggris pada tanggal 12 Juli nanti.

Sejak menit awal Kroasia mendominasi laga. Mereka mengurung Rusia dan catatn yang adan penguasaan bola di atas 60 persen.

Duo geladang Kroasia Modric dan Rakitic menjadi pengatur serangan yang membuat tuan rumah kerepotan.

Seperti ketika Kroasia menggempur sektor kiri pertahanan Rusia. Kramaric melepaskan umpan mendatar ke kotak penalti. Bola disambut Mario Mandzukic namun sepakan pemain Juventus itu justru melambung ke atas gawang.

Terus mengurung Kroasia justru kebobolan lewat serangan balik yang dilakukan pasukan Sbornaya . Cheryshev melakukan umpan satu-dua dengan Artem Dzyuba, sedikit mendribel, lalu melepas sepakan keras dari jarak lebih dari 20 meter dengan kaki kirinya. Daniel Subasic tak berkutik menyaksikan gawangnya dikoyak oleh aksi spektakuler itu. Rusia 1-0 Kroasia, menit ke-31.

Namun cepat dibalas Kroasia lewat gol Kramaric. Bermula dari lari Mandzukic, bola dilambungkan ke tengah kotak penalti. Kramaric berhasil lolos dari kawalan dan menanduk bola ke sudut mati Igor Akinfeev delapan menit kemudian.

Hingga turun minum meski Kroasia terus membombardir pertahanan Rusia namun tidak ad alagi gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua Kroasia kembali mengancam kali ini lewat Ivan Perisic. Menerima umpan silang Sime Vrsaljko, kemelut tercipta di kotak penalti Rusia. Antisipasi buruk membuat Akinfeev menjatuhkan bola di kaki Perisic. Sayang, sepakan jarak dekat sang bintang Inter Milan hanya mampu menggetarkan tiang gawang.

Kramaric kembali beraksi tak lama kemudian. Eks pemain Leicester City itu melakukan salto akrobatik untuk menyambut umpan lambung rekannya. Adapun bek-bek Rusia berhasil menutup ruang, sehingga bola sepakan Kramaric mengarah tepat ke pelukan Akinfeev.

Setelah semua usah buntu, baik Kroasia mampu Rusia melakukan pergantian pemain. Sayang pergantian pemain itu ternyata tak memberi dampak secara langsung. Tak ada perubahan di papan skor dan hasil imbang bertahan hingga wasit melanjutkan laga ke babak tambahan.

Pada masa perpanjang waktu, Kroasia mencetak gol keduanya. Bermula dari sepak pojok, Modric melambungkan bola ke tiang dekat. Vida berhasil menjangkau bola dan menanduknya. Walau pelan, Akinfeev tak kuas membaca arah bola dan skor menjadi 2-1 untuk Kroasia.

Gol tersebut memaksa Rusia untuk menarik Aleksandr Golovin dan memainkan Alan Dzagoev. Siapa sangka, playmaker yang cedera di laga perdana ini memberi pengaruh besar. Ia membuat Kroasia kerepotan dan akhirnya mengarsiteki gol Mario Fernandes via sepakan bebas.

Pemain-pemain Kroasia luapkan kegembiraan usai mengalahkan Rusia lewat adu penalti (reuters)

Estafet dominasi beralih ke kaki Rusia setelahnya. Dzagoev menjadi mesin penggerak dan menciptakan peluang. Sayang, Subasic tampil impresif dan melakukan tiga penyelamatan penting. Peluit panjang dibunyikan tak lama berselang dan laga berlanjut ke adu penalti.

Pada adu tos-tosan ini, Kroasia berhasil menang 4-3. Akinfeev mampu melakukan satu penyelamatan apik, tetapi dua algojo Rusia gagal mengeksekusi penalti dengan baik. Sebagai penutup, Rakitic pun jadi algojo yang mengubur asa lolos tuan rumah.(B)

Comments