Laga Jerman melawan Swedia pada babak penyisihan Piala Dunia 2018 di Rusia. (reuters)

FIFA Selidiki Aksi 2 Ofisial Jerman yang Mendekati Bangku Cadangan Swedia

RUSIA – Jerman melaju ke babak 16 besar usai mengalahkan Swedia pada babak penyisihan Grup F Piala Dunia 2018. Namun FIFA membuka penyelidikan terkait dua ofisial Der Panzer yang mendekat ke bangku cadangan lawan saat pertandingan hampir selesai.

Kedua ofisial itu adalah Ulrich Voigt dan George Bahlau yang melakukannya saat Toni Kroos mencetak gol penentu hingga Jerman unggul 2-1. Mereka mendatangi bangku pemain cadangan Swedia dengan tangan terkepal saat gol di ujung laga itu tercipta.

Kedatangan ‘tamu’, sejumlah pemain dan ofisial Swedia berdiri. Mereka terlihat terlibat perang kata-kata lalu mendorong kedua ofisial Jerman menjauh. Bentrok fisik nyaris terjadi.

“Komite Disiplin FIFA membuka penyelidikan terhadap ofisial Tim Jerman, yakni Ulrich Voight dan Geroge Behlau terkait insiden di akhir pertandingan Jerman melawan Swedia,” demikian pernyjataan FIFA.



Insiden yang terekam kamera itu kemudian menjadi viral. Bahkan Emil Forsberg, pemain Swedia, menyebut tindakan tim lawan itu sebagai hal yang menjijikkan.

Pelatih Joachim Loew mengaku tak mengetahui insicen itu. Sedang DGB telag meminta kedua ofisial itu untuk meminta maaf pada tim Swedia.

“Mereka adalah staf pelatig timnas dan mendekati bangku cadangan Swrdia. Itu kesalagan yang akhirnya disesali kedanya,” karta Jens Gritter, juru bicara timnas Jerman, dilaporkan Reuters.

“Mereka meminta maaf beberapa menit kemudian pada pimpinan timnas Swedia dan juga pelatihnya. Memang tak ada yang dipukul atau ditendang dan tak ada lontaran kata-kata memaki tapi tetap saja mereka salah,” tambahnya.

Belum diketahui sanksi yang dikenakan pada kedua ofisial itu.

Jerman kalah pada laga awal melawan Meksiko. Kemenangan atas Swedia membuat harapan kembali terbuka. Hanya saja, mereka masih harus melawan Korea Selatan pada 27 Juni. (*/yp)

Comments