Pemain-pemain Kolombia rayakan gol ke gawang Senegal (reuters)

Gol Tunggal Kolombia Singkirkan Senegal

RUSIA – Kolombia melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2018, Kamis (28/6/2018). Kepastian didapat usai Yere Mina mencetak gol tunggal ke gawang Senegal.

Kemenangan ini juga membuat Kolombia menjadi pemuncak klasmen dengan nilai enam dari dia kali menang sekali kalah. Kekalahan ini juga membuat Senegal tersingkir padahal nilainya sama dengan Jepang yaitu empat yang juga kalah 1-0 dari Polandia.

Hanya saja Jepang diuntungkan dengan jumlah kartu kuning yang mereka terima lebih sedikit dari Senegal. Jepang menerima empat kartu kuning Senegal enam.

Sejak awal, kedua tim saling serang demi membuat peluang. Bahkan Senegal cenderung agresif.

Pelanggaran pertama terjadi di menit 11 saat Falcao dijatuhkan dua pemain lawan yang berupaya menghentikannya. Tak lama, Cuadrado mengalaminya.

Menit 18 Mane dilanggar di kotak terlarang. Sontak wasit Milorad Mazic menunjuk titik putih.

Namun tayangan ulang dengan teknologi VAR membuat wasit asal Serbia itu pun membatalkan keputusannya.

Laga berlanjut. Tekanan Kolombia meningkat. Mane sempat mengancam namun tembakannya bisa diblok kiper Ndiaye.



Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Keluar dari ruang ganti, Kolombia kian menekan. Ancaman antara lain datang dari Cuadrado juga Falcao dan Muriel.

Namun pertahanan ketat Senegal begitu rapat. Serangan Kolombia tak juga mengubah keadaan.

Menit 75, Kolombia mendapat sepak pojok yang diambil oleh Quintero. Bola langsung disambut Mina dengan tandukan yang tak bisa dihalau kiper NDiaye. Kolombia unggul 1-0.

Tertinggal, Senegal berupaya membalas. Pasukan Aliou Cisse ini berbalik menekan. Tapi tembakan tak juga mengarah gawang Ospina.

Menit 78, Mane meneruskan tendangan sudut yang mengenai Mina dan bola mengarah ke gawang Ospina. Tapi kiper Kolombia ini bisa mengamankan gawangnya.

Perlahan, Kolombia kembali mendominasi. Skuat Jose Pekerman seolah tak puas dengan hanya menciptakan satu gol.

Wasit memberi tambahan waktu 5 menit. Tapi tak afa gol tambahan yang tercipta. Kolombia tetap menang dengan 1-0. (yp/b)

Susunan pemain

Senegal: Khadim N’Diaye; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Salif Sane, Lamine Gassama; Sadio Mane, Idrissa Gana Guaye, Cheikhou Kouyate, Ismaila Sarr; Mbaye Niang (Sakho 89′), Keita Balde (M Konate 82)

Kolombia: David Ospina; Johan Mojica, Yerry Mina, Davinson Sanchez, Santiago Arias; Carlos Sanchez, Mateus Uribe (Lerna 85′) James Rodriguez (Luis Muriel 31′), Juan Quintero, Juan Quadrado; Radamel Falcao (Borja 90′)

Comments