Lionel Messi masih menjadi andalan Argentina di Piala Dunia Rusia (reuters)

Hadapi Islandia, Argentina Masih Tergantung Messi

RUSIA – Argentina tanpa Lionel Messi ibarat makanan tanpa garam, hambar. Duel Argentina melawan Islandia di Grup D Piala Dunia yang dilangsungkan Sabtu (16/6) bakal ditentukan seberapa jauh Islandia bisa meredam ‘nyawanya’ Tim Argentina tersebut.

Laga yang akan dilangsungkan pukul 20.00 WIB akan menjadi arena bagi tim debutan Piala Dunia 2018 mencari formula anti-Lionel Messi.

Di sisi lain, laga di Stadion Spartak, Moskwa juga akan menjadi tolok ukur ketergantungan Albiceleste kepada sang kapten.

Messi memang segalanya bagi Argentina. Itu bisa dilihat saat ujicoba melawan Spanyol tim asuhan Jorge Sampaoli menyerah telak 1-6 Maret lalu di Wanda Metropolitano
Artinya ketergantungan terhadap Messi sangat besar.

Sejak November 2016, tidak ada pemain Argentina yang mampu mencetak gol di laga kompetitif kecuali Lionel Messi. Ketika Albiceleste menaklukkan Chile 1-0 pada 24 Maret 2017, Messi menjadi pencetak gol tunggal. Demikian pula kala tim asuhan Jorge Sampaoli menang 1-3 atas Ekuador dalam laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018 pada 11 Oktober 2017.

Selain Messi Argentina tentu berharap dari daya gedor Sergio Aguero. Striker Manchester City memang amat mematikan di kotak 16 meter lawan. Ia akan dimanjakan oleh umpan umpan akurat Messi

Sementara itu, Islandia datang ke Piala Dunia 2018 dengan label sebagai tim kejutan di Piala Eropa dua tahun lalu. Semua belum melupakan taktik bertahan Islandia mampu membawa tim tersebut menembus perempat-final. Kali ini menurut pelatih Kari Arnason, timnya sudah jauh lebih berkembang.

Mereka tidak lagi kaku memainkan formasi 4-4-2. Tim dari kutub ini bisa memainkan stelan berbeda sesuai dengan kebutuhan permainan.

Artinya jika taktik yang diperagakan Arnason berjalan baik Argentina bakal kesulitan. Namun jika tidak siap siap mereka dibombardir Messi.

Prediksi: Argentina masih lebih kuat ketimbang Islandia. Kemungkinan besar partai ini akan dimenangkan oleh Argentina. (bu)

Comments