Gelandang Swiss, Granit Xhaka merayakan gol yang dicetaknya saat mengalahkan Serbia. (reuters)

Hadapi Kosta Rika, Swiss Layak Menang di Laga Pamungkas

RUSIA – Pertandingan terakhir babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2018 yang akan mempertemukan Tim Nasional (Timnas) Swiss versus Kosta Rika, di Stadion Nizhny, Kamis (28/6/2018) pukul 01.00 WIB dini hari nanti, dipastikan berlangsung menarik. Pasalnya, Swiss memerlukan kemenangan guna memastikan tiket ke babak 16 besar.

Seperti diketahui, Swiss kini belum nyaman menempati peringkat kedua klasemen Grup E dengan perolehan 4 poin. Mereka masih mungkin tersingkir jika kalah dari Kosta Rika, dan di pertandingan lain Serbia menang tipis atas Brasil.

(BacaSwiss Bekap Serbia 2-1, Laga Sengit Bakal Tersaji Di Partai Pamungkas)

Karenanya, kemenangan menjadi salah satu cara untuk membawa Swiss  lolos ke fase berikutnya. Namun, masalahnya, Kosta Rika bukanlah tim yang mudah dikalahkan.

Kedua tim ini sebelumnya pernah dua kali bertemu dalam pertandingan persahabatan. Hasilnya Swiss pernah menang juga pernah kalah. La Nati kalah 1-0 di hadapan pendukungnya sendiri pada 2 Juni 2010. Sementara kemenangan 2-0 ia peroleh empat tahun sebelumnya.

Kosta Rika pun bakal tampil lepas pada pertandingan pamungkasnya di Piala Dunia 2018, dini hari nanti. Sebab, hasil apa pun tidak akan terlalu berpengaruh bagi mereka. Skuat asuhan Oscar Ramirez itu sudah dipastikan tidak dapat melanjutkan ke babak berikutnya lantaran selalu kalah di dua laga sebelumnya.

(BacaDitekuk Brasil 2-0 Kosta Rika Dipastikan Tersingkir)

Besar kemungkinan Kosta Rika tetap akan menurunkan skuat terbaiknya untuk meraih kemenangan pertamanya di turnamen sepak bola sejagat di Rusia ini. Begitu pula dengan Swiss, Vladimir Petkovic dipastikan memainkan dua pemain andalannya, Granit Xhaka dan Shaqiri, yang sempat diisukan tak dapat diturunkan lantaran terkena sanksi dari FIFA.

(BacaFIFA Investigasi Dua Pemain Swiss Soal Perayaan Gol)

Namun, dilihat dari dua pertandingan yang sudah dijalankan di Piala Dunia 2018, Swiss lebih dijagokan untuk menang. Xherdan Shaqiri dan kawan-kawan bakal meraih kemenangan dengan keunggulan minimal dua gol atau setidaknya 3-1 di laga ini. (ys)

Perkiraan susunan pemain:

Swiss (4-2-3-1)

Sommer; Lichsteiner, Schar, Akanji, Rodriguez; Behrami, Xhaka; Shaqiri, Dzemaili, Zuber; Gavranovic

Pelatih: Vladimir Petkovic

Kosta Rika (3-4-2-1)

Navas; Acosta, Gonzalez, Duarte; Gamboa, Borges, Guzman, Calvo; Ruiz, Venegas; Urena

Pelatih: Oscar Ramirez

Comments