Aleksandar Kolarov dipeluk pelatih Serbia Mladen Krstajić (reuters)

Hadapi Swiss, Serbia Diminta Waspada

RUSIA – Hasil positif yang diraih ‘Si Elang’ Serbia dan Timnas Swiss pada laga perdana babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2018 pekan lalu, menumbuhkan rasa percaya diri kedua tim.

Kini mereka bakal menjaga asa itu saat bentrok dalam lanjutan babak penyisihan grup di Stadion Kaliningrad, Sabtu (23/6) pukul 01:00 WIB.

Bomber Serbia, Aleksandar Kolarov bahkan menegaskan tidak pernah bermimpi untuk membawa Si Elang lolos dari fase penyisihan grup sejak lolos ke Rusia. Hal itu dinilai wajar mengingat Serbia belum pernah lolos dari fase grup dalam dua kali keikutsertaan mereka di Piala Dunia (2006 dan 2010) sejak merdeka dari Yugoslavia.

Namun tendangan bebas Kolarov yang berbuah gol ke gawang Kosta Rika (1-0) pada laga
perdana, justru membuat Serbia memimpin Grup E dengan tiga angka. Si Elang bahkan mengkangkangi Brasil dan Swiss di posisi kedua dan ketiga (1) serta juru kunci tanpa angka, Kosta Rika.

Itu artinya, Kolarov dan kolega kini hanya butuh satu kemenangan lagi untuk lolos ke babak 16 besar, seraya membuat sejarah sejak negara itu merdeka. Kolarov bahkan menegaskan tidak ingin bermain aman demi menjaga peluang saat bentrok dengan Swiss pada laga nanti.

“Jika Anda menggunakan matematika dalam sepakbola dan hanya ingin bermain imbang
untuk mengamankan peluang, itu tidak akan berhasil. Tentu saja kami ingin menang,” tandas Kolarov yang masih akan menjadi tumpuan di lini belakang Serbia, seperti dikutip laman resmi FIFA.

WASPADAI

Namun pelatih Serbia, Mladen Krstajić tetap mengingatkan anak-anak asuhnya untuk mewaspadai Swiss. Sama seperti Serbia, Swiss yang tidak diunggulkan di laga perdana, mampu menunjukkan kemampuan mereka sebagai ‘kuda hitam’, usai menahan juara lima kali Piala Dunia, Brasil dengan skor 1-1.

Apalagi Swiss juga butuh kemenangan untuk membawa mereka lolos ke babak 16 besar. Selain itu, Swiss juga ditukangi Vladimir Petković yang adalah eks gelandang Yugoslavia. Pelatih berkebangsaan Bosnia dan Herzegovina itu sudah tentu telah mengenal karakter permainan Timnas Serbia.

Petković bahkan cukup percaya diri dan tidak akan melakukan perubahan komposisi pemain seperti yang ia turunkan saat melawan Brasil. “Saya cukup banyak tahu tentang perkembangan sepakbola mereka (Serbia), jadi tidak ada yang harus kami khawatirkan untuk pertandingan nanti,” tegas pelatih berusia 54 tahun itu.(junius/bu)

Comments