Pemain-pemain Inggris latihan (reuters)

Inggris Harus Lebih Garang Lawan Panama

RUSIA – Setelah ‘susah payah’ mengalahkan Tunisia 2-1 di laga perdana, Tim ‘Tiga Singa’ Inggris diharapkan bakal tampil lebih garang kala meladeni ‘Anak-anak Kanal’ Panama dalam lanjutan babak penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod, Minggu (24/6) pukul 19:00 WIB.

Datang dengan rata-rata umur yang terbilang muda, Gareth Southgate dinilai cukup berhasil meramu strategi Tiga Singa sebelum terbang ke Rusia. Sukses mencatat rekor tak terkalahkan di fase kualifikasi dan berlanjut di tujuh laga ujicoba, Inggris pun mulai diusung sebagai salah satu tim favorit di Rusia.

Namun semua itu berubah menjadi keraguan, merujuk pada performa mereka saat kontra Tunisia. Minimnya kreatifitas hingga kurang garangnya lini depan Tiga Singa, disebut-sebut menjadi penyebab munculnya keraguan itu.

Beruntung, skuad Southgate berhasil menyegel kemenangan berkat gol telat Kane.

Berkaca dari hal itu, Southgate pun dituntut untuk melakukan perubahan jika ingin mengunci posisi Inggris lebih cepat ke babak 16 besar demi sa bersantai saat menghadapi Belgia pada Jumat (29/6) pukul 01:00 WIB.

Ya, terlepas dari hasil Belgia kontra Tunisia, Sabtu (23/6) malam, Tiga Singa dipastikan melenggang ke babak 16 besar jika mampu mengalahkan Panama. Saat ini Inggris telah mengoleksi tiga angka dan mengkangkangi Panama di urutan dua terbawah, tenpa angka. Perubahan itu kemungkinan besar memang akan dilakukan Southgate, menyusul bocornya racikan strategi dalam sebuah catatan pribadi di kamp latihan.

SKEMA PERMAINAN

Namun Southgate menampik bahwa catatan tersebut adalah skema yang akan ia terapkan saat melawan Panama. “Ada 23 nama pemain dalam catatan itu, dimana setiap sesi latihan kami menerapkan permainan berbeda dengan pemain berbeda di posisi yang berbeda karena kami mencari posisi yang tepat untuk setiap pemain dan itu normal saja, sehingga tidak perlu didramatisir. Tentu saja, kami harus menyiapkan beberapa skema di setiap pertandingan. Tapi mengingat itu hanya daftar skuad, jadi tidak ada yang akan membuat kami benar-benar ingin membuat perubahan,” kilahnya.

Namun seperti yang dilansir Daily Mail, Southgate kemungkinan akan menerapkan skema yang ‘ekstrim’ dengan menempatkan tiga pemain belakang demi meningkatkan daya gedor Tiga Singa yang terlihat kurang garang pada laga perdana. Hal itu tentunya menjadi ‘tanda bahaya’ bagi Panama yang sebelumnya digilas Belgia tiga gol tanpa balas di laga perdana.

Di sisi lain, hal itu juga bisa menjadi celah bagi Panama untuk membuat kejuatan seperti yang dilakukan Kroasia saat mempermak Argentina 3-0 setelah menerapkan skema tiga pemain di lini belakang, Jumat (22/6) dinihari WIB. (junius/bu)

Comments