Gendut Doni Christiawan, mantan penyerang Timnas Indonesia ini menjagokan Rusia dalam laga perdana melawan Arab Saudi. (ist)

Laga perdana, Gendut Doni Pegang Rusia

JAKARTA – Mantan penyerang Timnas Indonesia, Gendut Doni, lebih menjagokan tuan rumah Rusia saat menbghadapi Arab Saudi pada laga perdana babak penyisihan Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Stadion Luzhniki, Kamis (14/6/2018) malam WIB. Status tuan rumah serta dukungan lebih di depan publik sendiri menjadi faktor utama bagi Gendut Doni lebih menjagokan Rusia pada laga nanti.

Rekor buruk yang dialami Rusia setelah tidak pernah menang dalam tujuh laga terakhir di laga ujicoba bahkan diakui Gendut Doni tidak akan mempengaruhi performa Rusia pada laga nanti. “Main pertama di hadapan publik sendiri, sudah pasti akan menjadi motivasi lebih bagi Rusia untuk meraih kemenangan. Meski demikian, Arab Saudi juga tidak bisa diremehkan. Mereka (Arab Saudi) juga tetap punya potensi untuk membuat Rusia mengalami kesulitan,” kata pria bernama lengkap Gendut Doni Christiawan ini kepada Poskotanews, Rabu (13/6/2018).

Lebih lanjut penyerang Timnas Indonesia di era 2000-2004 itu juga memprediksi Rusia bisa menang dengan selisih dua gol atas Arab Saudi. Menurutnya, Rusia harus bisa memenangkan laga itu kalau tidak ingin mendapat kesulitan di dua laga selanjutnya. Maklum, setelah menghadapi Arab Saudi, tim berjuluk Sbornaya itu akan bertemu Mesir dan Uruguay di Grup A.

“Kalau melihat persaingan di Grup A, Rusia akan menghadapi dua tim yang memiliki level di atas Arab Saudi (Mesir dan Uruguay) di laga selanjutnya. Artinya, Rusia sudah pasti akan tampil habis-habisan untuk menang. Saya prediksi mereka bisa dengan selisih dua gol,” lanjutnya.

Mengenai peluang Arab Saudi di Piala Dunia tahun ini, ia juga tetap memberikan respek atas usaha mereka untuk lolos ke Rusia tahun ini. “Kita tahu sendiri Arab Saudi merupakan salah satu negara yang punya kekuatan sepakbola di Asia. Bisa berlaga di Piala Dunia itu membuktikan bahwa mereka memiliki kualitas yang tidak bisa diremehkan oleh negara-negara lain, termasuk Rusia,” lanjut mantan penyerang Timnas yang pernah mengukir namanya sebagai topskorer Piala AFF edisi 2000 lalu.

Setelah pensiun, Gendut Doni tetap memberikan kontribusinya bagi sepakbola Indonesia dengan melakukan berbagai kegiatan di luar lapangan. Mantan pemain Persib Bandung dan Persitara Jakarta Utara itu kini tengah menjalani liburan bersama keluarga dan berharap kelak bisa melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia.

Piala Dunia 2018 di Rusia sendiri merupakan perhelatan ke-21 yang diselenggarakan oleh Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) sejak 1930 di Uruguay. Sebanyak 32 negara akan bersaing untuk memperebutkan supermasi tertinggi kompetisi sepakbola tertinggi di dunia tersebut. (junius/yp)

Comments