Bryan Ruiz bersama pemain Kosta Rika lainnya merayakan gol ke gawang Swiss (reuters)

Lewat Laga Seru, Kosta Rika Tahan Imbang Swiss 2-2

RUSIA- Meski sudah tidak menentukan lagi bagi Kosta Rika namun mereka tidak mau menyerah begitu saja kepada Swiss pada laga terakhir babak penyisihan Grup E Piala Dunia di Stadion Nizhny Novgorod, Rusia, Kamis (28/6/2018) dinihari WIB.

Kosta Rika mampu menahan imbang 2-2 Swiss sehingga mereka tidak tersingkir dengan malu karena masih mampu membawa pulang satu poin dari Rusia.

Dengan hasil ini Swiss mewakil Brasil lolos dari Grup E karena berhak sebagao runner-up dengan memiliki lima poin berjarak dua poin dari Brasil. Di tempat ketiga ada Serbia dengan tiga angka.

Laga Swiss melawan Kosta Rika berlangsung seru. Swiss unggul pada menit ke-31 lewat gol
B. D┼żemaili pada menit ke-31 lalu disamakan Kosta Rika menit ke-56 lewat gol Wastin menit ke-56.

Swiss kembali unggul menit ke-88 lewat gol Drmic namun pada masa injury time babak kedua Kosta Rika mencetak gol penyeimbang lewat gol bunuh diri Sommer.

Dari hasil itu tampak permainan kedua tim berlangsung seru. Bahkan sejak menit awal Kosta Rika langsung menekan Swiss. Menit ke-10, striker veteran, Daniel Colindres nyaris membuka keunggulan bagi Kosta Rika . Sayang tembakan kerasnya hanya membentur mistar.

Kosta Rika terus mengancam Swiss namun justru gawang mereka kebobolan terlebih dahulu pada menit ke-31. Gol berawal ketika Stephan Lichtsteiner mengirimkan umpan silang yang disambut Breel Embolo di dalam kotak penalti, bola kemudian disundul dan langsung disambar tembakan kencang Blerim Dzemaili.

Dua menit kemudian, Dzemaili punya kans menggandakan keunggulan Swiss tapi aksinya dipotong Giancarlo Gonzalez. Hingga turun menimun Swiss unggul 1-0.

Pada babak kedua, Kosta Rika terus bermain terbuka dan menyerang pertahanan Swiss. Usaha mereka akhirnya berhasil dan mampu menyamakan skor pada menit ke-56. Kendall Watson dengan sundulan tajamnya yang meneruskan sepak pojok Campbell sukses membobol gawang Swiss.

Drama terjadi di fase akhir, Josip Drmic membawa Swiss kembali ungul pada menit ke-88 setelah menyambar umpan mendatar Denis Zakaria. Semenit berselang, Kosta Rika mendapat penalti, tapi dianulir wasit berkat tinjauan VAR yang menilai Bryan Ruiz pada posisi off-side sebelum dilanggar Ricardo Rodriguez.

Untuk kedua kalinya secara beruntun Kosta Rika mendapat penalti dan kali ini wasit tegas menunjuk titik putih setelah Campbell dijatuhkan Zakaria. Eksekusi penalti Ruiz sempat membentur mistar, tapi bola kemudian mengenai tubuh Sommer dan masuk ke gawang Swiss. Kosta Rika pun pulang dengan raihan satu poin.(b)

Comments