Andreas Granqvist berhasil menjebol gawang Korea Selatan lewat tendangan penalti (reuters)

Lewat Penalti, Swedia Menang 1-0 Lawan Korea Selatan

RUSIA- Lewat tendangan penalti, Swedia akhirnya menang 1-0 saat melawan Korea Selatan dalam babak penyisihan Grup F Piala Dunia Rusia, di Nizhny Novgorod, Senin (18/6/2018) malam WIB.

Swedia belum pernah memenangi pertandingan pembuka di Piala Dunia sejak 1958, ketika itu mereka menang 3-0 atas Meksiko. Dan tentu kemenangan ini sangat menguntunkan bagi pasukan Janne Andersson

Kini Swedia memiliki tiga poin sama dengan Mesiko yang sebelumnya berhasil menang melawan juara bertahan Jerman.

Hasil ini tentu akan semakin menarik. Jerman harus berjuang keras ketika akan menghadapi Swedia 24 Juni nanti. Jerman wajib menang jika ingin lolos ke babak berikutnya.

Pada laga Swedia melawan Korea Selatan sejak menit awal sebetulnya kedua tim bermain imbang dan terbuka.

Korea Selatan mampu mengimbangin Swedia yang lebih diunggulkan. Bahkan wakil Asia itu meski tidak diunggulkan beberapa kali mengancam pertahanan Swedia.

Namun justru Swedia yang memiliki peluang pada menit ke-22 ketika Pontus Jansson mengirim umpan ke pojok gawang dengan sundulan kepala, namun gagal mengarah kepada Olsen sehingga mampu diselamatkan oleh pemain Korea.

Menit ke-42 Toivonen meminta hadiah penalti setelah dirinya dijatuhkan pemain belakang Koresel di dalam kotak penalti, namun wasit tidak menghiraukannya. Babak pertama berakhir 0-0.

Pada babak kedua Swedia terus menekan Korea Selatan. Akhirnya mereka mampu memecah kebuntuan menit ke ke-65 lewat tendangan penalti Granqvist .

Penalti diberikan untuk Swedia setelah Kim Min-woo menjatuhkan Victor Claesson di kotak terlarang. Awalnya wasit menganggap tidak ada pelanggaran, namun oleh pemain Swedia diprotes. Untuk menentukannya wasit lalu melihat VAR dan akhirnya menunjuk titik putih.

Andreas Granqvist yang jadi algojo sukses menjalankan tugasnya dan berhasil mengecoh kiper Korea. Ini adalah peanlti ketujuh yang diberikan di Piala Dunia 2018.

Korea Selatan berusaha mencari gol penyeimbang namun usaha mereka sia-sia karena penyelesaian akhir yang lemah.

Oleh karena itu jika ingin berbicara dibabak 16, Korsel pada laga berikutinya wajib menang melawan Meksiko yang sebelumnya berhasil mengalahkan Jerman.

Kini di Grup F, Meksiko dan Swedia sama-sama memiliki nilai tiga sedangkan Korsel dan Jerman nilainya masih nol. (b)

Comments