Mbappa menceploskan bola ke gawang Peru yang sudah melompong (reuters)

Menang 1-0, Prancis Lolos, Peru Tersingkir

RUSIA- Meski hanya menang tipis 1-0 atas Peru namun sudah mampu memastikan Prancis lolos ke babak 16 Piala Dunia setelah menyelesaikan laga kedua di Grup C, Kamis (21/6/2018) malam WIB.

Adalah Mbappe yang membawa Prancis unggul lewat golnya pada menit ke-34. Pemain muda ini memecahkan kebuntuan untuk Prancis setelah memanfaatkan bola rebound di mulut gawang hasil sepakan Giroud.

Prancis terus menekan Peru. Pada menit ke-43 Hernandez yang berada dalam posisi yang sangat bebas di sisi kanan kotak penalti Peru melepaskan tembakan keras dengan kaki kirinya, namun diblok Gallese. Bola muntah berusaha kembali dimanfaatkan Hernandez, namun sepakannya hanya melambung ke sisi gawang. Babak pertama berakhir 1-0,

Memasuki babak kedua Peru berusaha mencari gol penyeimbang. Seperti pada menit ke-50, Farfan memberi umpan kepada Aquino, yang kemudian melepaskan tendangan sangat keras dengan kaki kanannya dari luar kotak penalti. Bola menyamping dan sempat mengenai mistar gawang sebelum keluar lapangan.

Peru bertubi-tubi terus menekan pertahanan Prancis dari sisi kiri dan kanan, Bahkan Carrillo mengupayakan lewat tendangan dari luar kotak penalti, namun lagi-lagi sepakannya hanya tipis di atas mistar gawang.

Hingga menit ke-77, Peru masih menguasai permainan dan menekan pertahanan Prancis, namun minimnya kualitas di pertahanan terakhir membuat mereka masih belum bisa mencetak gol.

Prancis berusaha keluar dari tekanan di saat Peru meningkatkan tempo permainan dengan menarik keluar Mbappe memasukkan Dembele. Hadirnya pemain Barcelona ini tetap tidak mampu meningkatkan serangan ke pertahanan Peru yang bermain ngotot.

Bahkan termasuk ketika Griezmann ditarik keluar dan Fekir masuk. Deschamps tampaknya ingin menjaga keunggulan 1-0 dengan memperkuat barisan tengah timnya. Cara ini berhasil sehingga sampai laga berakhir tetap Prancis unggul 1-0.

Dengan hasil ini Prancis mengemas enam poin dari dua kali menang termasuk ketika menghadapi Australia.

Ini berarti Prancis dipastikan lolos. Laga terakhir melawan Denmark tidak lagi mampu menyingkirkan mereka. Jika kalah tetap mengemas enam angka dan hanya ada di peringkat kedua.

Sedangkan jika mampu menang berarti mereka meraih nilai sempurna sembila dalam babak penyisihan. Yang berpotensi mendampingi Prancis adalah Denmark yang mengemas empat poin dari sekali menang dan sekali seri.

Memang posisi Denmark masih bisa tersisih jika kalah banyak melawan Prancis dan Australia mampu menang besar melawan Peru di laga terakhir grup ini.

Australia memiliki satu poin dari hasil seri melawan Denmark. Sedangkan Peru dipastikan tersisih karena sudah menderita dua kali kalah. Laga terakhir melawan Australia tidak lagi berpengaruh kecuali merubah posisi klasemen. (b)

Comments