Meski kalah 1-2 dari Tunisia namun pendukung Panama tetap menyambut gembira timnya (reuters)

Meski Kalah 1-2, Gol Panama ke Gawang Tunisia Disambut Suka Cita

RUSIA- Padaga laga tidak menentukan lagi Tunusia berhasil bagi mengalahkan Panama 2-1 pada babak penyisihan Grup G Piala Dunia di Mordovia Arena, Rusia, Jumat (29/6/2018) dinihari WIB.

Bagi kedua tim laga ini hanya laga untuk menunjukkan siapa yang pantas di peringkat ketiga karena sebelumnya Panama maupun Tunsia sudah tersingkir. Yang lolos dari Grup G adalah Belgia dan Inggris.

Meski demikian bagia Panama, meski kalah namun berhasil mencetak gol ke gawang lawan adalah prestasi tersendiri. Sebagai pendatang baru Panama boleh berbangga hati karena selama mengikuti Piala Dunia di Rusia telah menejebol gawang lawan-lawannya dua kali yaitu ke gawang Inggris meski kalah 1-6.

Memang gawang Panama juga 11 kali kebobolan dari tiga kali laga sehingga hanya berada di peringkat keterakhir Grup H. Sedangkan Tunusia dengan kemenangan ini berhak di posisi ketiga.

Seperti diketahui Panama wakil dari Amerika Tengah ini ikuti Piala Dunia kali pertama sepanjang sejarah. Oleh karena itu ketika mereka lolos, Presiden Panama bahkan mengumumkan hari libur nasional . Dan ketika mereka mampu menjebol gawang Inggris, rakyat Panama juga menyambutnya dengan suka cita.

Oleh karena itu pada laga melawan Tunisia mereka tetap bermain terbuka . Bahkan Panama sempat unggul sebelum turun minum lewat gol bunuh diri yang dilakukan oleh Meriah menit ke-33, namun Tunisia bangkit di babak kedua dengan dua gol yang dicetak oleh Ben Youssef menit ke-51 dan Khazri menit ke-66.



Sejak menit awal kedua tim menyuguhkan permainan menarik dan terjadi jual beli serangan. Tunisia memiliku peluang menit kesembilan, tapi tembakan gunting Naim Sliti yang meneruskan umpan Ferjani Sassi melebar.

Panama membalas dua menit berselang ketika Gabriel Gomez menerima umpan lewat lemparan ke dalam panjang Adolfo Machado, sayang sundulan Gomez masih belum memenuhi sasaran.

Panama akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-33 berkat gol bunuh diri Yassine Meriah yang berusaha membendung tembakan Jose Luis Rodriguez.

Gol itu membuat Tunisia meningkatkan intensitas serangan lewat Wahbi Khazri. Hanya saja, hingga laga memasuki turun minum, raksasa Afrika kesulitan untuk mendapatkan gol penyeimbang.

Usaha Tunisia untuk menyamakan kedudukan baru akhirnya terwujud menit ke-51. Khazri memberikan umpan silang mendatar ke kotak penalti yang langsung disambar Fakhreddine Ben Youssef untuk mencetak gol internasional pertamanya.

Tunisia bahkan mampu membalikkan kedudukan pada menit ke-66. Kerja sama dengan Sliti membuat Haddadi leluasa melakukan penetrasi dari sisi kiri dan lantas memberikan umpan yang memanjakan Khazri.

Menit ke-73, Panama sempat mencetak gol dan membuat kedudukan kembali imbang. Tapi gol Edgar Barcenas dianulir wasit karena dalam prosesnya ada pelanggaran yang dilakukan rekan setimnya, Luis Tejada terhadap bek Tunisia, Meriah.

Dalam keadaan tertinggal, Panama terus memberikan perlawanan ketat. Akan tetapi hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir Tunisia tetap mempertahankan keunggulan mereka dan keluar sebagai pemenang.(b)

Comments