Lionel Messi. (reuters)

Messi Bawa Argentina Lolos dari Lubang Jarum

RUSIA- Dramatis, Argentina akhirnya mampu lolos dari lubang jaru usai mengalahkan Nigeria 2-1 pada babak penyisihan Grup D Piala Dunia di Saint-Petersburg, Rusia, Rabu (27/6/2018) dinihari WIB.

Kedua gol Argentina dicetak oleh Lionel Messi pada menit ke-14 dan Rojo menit ke-86. Sedangkan gol balasan Nigeria diciptakan oleh Moses lewat tendangan penalti menit ke-51.

Dengan hasil ini Agentina berada di peringkat kedua Grup D dan lolos mendampingi Kroasia yang jadi juara grup.

Argentina akan menghadapi tim tangguh Prancis juara Grup C di babak 16 sedangkan Kroasia menghadapi Denmark runner-up Grup C.

Sedangkan Nigeria yang sempat memiliki harapan besar harus tersingkir dengan cara menyakitkan bersama Islandia.

Menghadapi Nigeria sebetulnya Argentina kembali dalam tekanan. Wajib menang membuat mereka gamang. Sedangkan Nigeria yang sebetulnya hanya berharap bermain imbang agar lolos lebih bermain lepas.

Pasalnya karena mampu mengalahkan Islandia 2-0, Nigeria memiliki tiga poin sedangkan Argentina hanya satu poin dari hasil imbang melawan Islandia di laga perdana Grup D.

Namun Argentina mampu menunjukkan dirinya sebagai negara besar untuk sepak bola. Pada menit ke-14 mereka sudah unggul lewat gol Messi. Menerima sodoran umpan dari Banega tanpa ampun Messi melepaskan tembakan yang menghujam sisi kanan gawang Nigeria.

Gol itu sempat membuat pemain-pemain Argentina lebih nyaman. Mereka terus menekan pertahanan Nigeria.

Menit ke-26, Higuain lolos dari sisi kanan setelah menerima umpan terobosan dari Messi. Serangan pemain Juventus ini gagal karena dengan sangat berani Uzoho melakukan blok dan membenturkan badannya.

Menit ke-32 harusnya Argentina unggul. Balogun harus melanggar di Maria yang berhasil membawa bola mendekati kotak penalti. Di Maria pun dijatuhkan , mamun Balogun hanya mendapat kartu kuning, sehingga diprotes sejumlah pemain Argentina . Mereka meminta mengeluarkan kartu merah.

Akibat pelanggaran itu hanya menghasilkan tendangan bebas untuk Argentina. Messi lalu mengambilnya. Sayang bola yang menuju pojok gawang masih bisa dengan cantik dihalau oleh kiper Nigeria. Tampak Messi kesal meski ada senyum kecut.

Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk Argentina.

Memasuki babak kedua, Nigeria berusaha menekan pertahanan Argentina. Menit ke-49 Nigeria mendapatkan tendangan sudut. Bola melambung ke kotak penalti, tampak Mascherano membanting Balogun. Oleh wasit Argentina terkena hukuman penalti. Tentu saja keputusan itu diprotes pemain-pemain Argentina namun akibatnya Macherano terkena kartu kuning.

Moses yang mengambil tendangan penalti dengan mudah mengecoh kiper Argentina, Padahal dia melepaskan tembakan dengan sangat pelan.

Kedudukan 1-1 tentu keuntungan bagi Nigeria. Jika mereka mampu mepertahankannya Nigeria yang akan lolos. Oleh karena itu mereka berusaha mengulur-ulur waktu.

Namun petaka datang pada menit ke-86. Rojo yang menerima umpan dari Mechado , lalu dengan sepakan kerasnya mampu menghujam sisi kiri gawang Uzoho.

Kedudukan 2-1 berbalik Argentina yang diuntungkan. Di sisa waktu yang ada termasuk perpanjang waktu empat menit digunakan untuk mengulur-ulur waktu oleh Argentina dan hingga akhirnya wasit meniup pluit untuk kemenangan Messi Cs.

Tentu saja hasil ini disambut gembira pemain dan pendukung Argentina yang memenuhi stadion. Mereka seolah lolos dari lubang jarum yang paling sempit. (b)

Comments