Nigeria Tekuk Islandia 2-0, Argentina Buka Peluang Lolos

RUSIA-Nigeria berhasil menekuk Islandia 2-0 pada laga babak penyisihan Grup D Piala Dunia di Volgograd Arena, Rusia, Jumat (22/6/2018) malam WIB. Kedua gol Nigeria tercipta lewat Musa pada menit ke-49 dan menit ke-75.

Dengan kemenangan ini persaingan untuk lolos ke babak-16 semakin seru. Yang sudah pasti lolos dari Grup D adalah Kroasia karena sudah mengumpulkan enam poin. Nigeria tentu lebih berpeluang karena mengemas tiga poin dari sekali menang sekali kalah. Adapun Islandia dengan kekalahan ini mengemas satu poin sama dengan Argentina.

Tentu Nigeria, Islandia dan Argentina masih berpeluang lolos. Pada laga terakhir di Grup D akan bertemu Kroasia melawan Islandia dan Nigeria menghadapi Argentina. Laga akan dilangsungkan secara bersamaan.

Jika Kroasia tidak main mata dengan Islandia dan berhasil menang atau seri, tentu Islandia tersingkir. Sedangkan jika Argentina mampu menang melawan Nigeria, maka Messi Cs yang lolos ke babak 16. Pasalnya nilai Argentina akan jadi empat sedangkan Nigeria tetap tiga. Tentu peluang Nigeria lebih bersar. Berhasil menahan imbang Argentina saja mereka sudah pasti lolos.

Laga Islandia melawan Nigeria sejak menit awal berlangsung terbuka. Menang bagi Islandia dan Nigeria memang wajib. Mereka terus mempertontonkan jual beli serangan. Hanya saja pada babak pertama kedudukan tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, Islandia langsung menekan Nigeria. Namun pada menit ke-49 lewat serangan balik, justru Nigeria yang mampu memecah kebuntuan.

Berawal ketika pemain belakang Nigeria mampu mencuri bola darin pemain Islandia. Victor Moses lalu mengirim bola kepada Ahmed Musa, lalu dia menggiring bola dan dengan jitu melesakkan bola ke dalam gol dari dalam kotak penalti ke gawang Islandia yang dikawal oleh Halldorsson.

Pada menit ke-74 Musa yang mendapar assist Kenneth Josiah Omeruo langsung melepaskan tembalam melengkung. Sayang usaha bintang Leicester City ini mengecoh kiper belum berhasil karena si kulit bulat mengenai mistar.

Namun hanya berselang satu menit Musa benar-benar mengubur mimpi Islandia. Pasalnya gawang pendatang baru di Piala Dunia itu kembali bergetar. Menerima bola dari Omeruo, lalu Musa melesat cepat dari sayap kiri dan berhasil melepaskan diri dari kawalan Arnason untuk mengecoh Halldorsson dan menceploskan bola ke gawang dari dalam kotak penalti yang sebetulnya dijaga oleh dua pemain belakang Islandia.

Islandia punya kesempatan memperkecil kekalahan pada menit ke-82. Berawal ketika pemain belakang melanggar Finnbogasson di kotak terlarang.

Awalnya sempat terjadi protes dari kedua tim soal apakah terjadi pelanggaran, meski awalnya wasit langsung menunjuk titik putih. Akhirnya wasit berkonslutasi dengan VAR dan ternyata diputuskan terjadi pelanggaran.

Namun sayang eksekusi Sigurdsson melayang tipis di atas mistar sehingga skor 2-0 tetap bertahan hingga laga usai. Tentu kemenangan ini membuat asa Nigeria kembali membuncah. (b)

Comments