Timnas Prancis bersiap latihan jelang laga di semifinal Piala Dunia 2018 yang mempertemukannya dengan Timnas Belgia. (reuters)

Prancis, Skuat Kuat nan Multikultur

RUSIA – Prancis hadir di Piala Dunia 2018 Rusia dalam tim yang multikultur. Tercatat hanya enam pemain yang asli Prancis.

Media Spanyol, AS, melaporkan hanya enam pemain tanpa keturunan dari benua lain yang gabung dalam tim berjuluk Les Blues ini.

Berikut adalah rincian 23 pemain Prancis:

1) Hugo Lloris. Kiper ini berasal dari Nice. Ia memiliki kakek-nenek asal Spanyol, tetapi orang tuanya dari Galia. Ia sudah tiga kali berturut-turut menjadi bagian dari tim Prancis yang berlaga di Piala Dunia.

2) benjamin Pavard. Bek ini lahir di Jeumont (kota yang sama dengan Papin), yakni daerah perbatasan dengan Belgia. Ia berlatih sepak bola di Lille, sekitar satu jam perjalanan dari rumahnya.

3) Presnel Kimpembe. pemain belakang ini lahir di Beaumont-sur-Oise, di utara Paris, ia memiliki keturunan Kongo dari garis ibu sedang dari ayahnya asli Haiti.

4) Raphael Varane. Bek ini lahir dari ibu yang asli Prancis dan ayah dari La Martinique yang emigrasi pada 1976, ia lahir di Hellemmes-Lille. Sebelum jadi pesepak bola, ia memulainya dengan bermain rugby.

5) Samuel Umtiti. Pemain belakang ini lahir di Yaoundé, Kamerun, Pada usia 2 tahun ia dibawa pindah ke Lyon. Prancis. pemain Barcelona ini memiliki kewarganegaraan ganda.

6) Paul Pogba. Gelandang ini memiliki orang tuan Guinean, ia juga berkewarganegaraan ganda. Pogba lahir di Paris.

7) Antoine Griezmann. Striker tajam ini dilahirkan di Macon dengan ayah dari Alsace dan kakek-nenek asaol Portugis.

8) Thomas Lemar. Pemain depan ini dilahirkan di Guadalupe, Antillas. Ia melakukan perjalanan ke Normandia pada usia 14 tahun.

9) Olivier Giroud. Striker ini punya kakek-nenek asli Prancis dan satu nenek lainnya berdarah Italia. Ia lahir di Chambéry.

10) Kylian Mbappé. Penyerang ini adalah anak Wilfried yang berasal Kamerun dan bermain untuk klub AS Bondy. Sedang ibunya Fayza yang asli Aljazair adalah atlet bola tangan di divisi pertama.

11) Osumane Dembelé. Striker ini lahir di Vernon, ibunya keturunan Mauritania dan Senegal sedang ayahnya berasal dari Mali.

12) Corentin Tolisso. gelandang dari Rhône ini ibunya adalah orang Perancis dan ayahnya dari Togo. Otomastis ia memiliki kewarganegaraan ganda.
13) N’Golo Kanté. Dibesarkan di pinggiran kota Paris. Ornagtuanya memiliki dari Mali. Ia memiliki kewarganegaraan ganda. Nama yang disandangnya berasal dari seorang raja negara Afrika.

14) Blaise Matuidi. Gelandang ini lahir di Toulouse, orang tuanya meninggalkan Angola lalu Kongo sebelum akhirnya menetap di Prancis.
15) Steven Nzonzi. Gelandang dari Colombes, Paris, ini berayahkan asli Kongo dan ibunya orang Prancis. Dia memiliki kewarganegaraan Kongo.

16) Steve Mandanda. Penjaga gawang ini dilahirkan di Kinshasa, Kongo. Keluarganya tiba di Prancis ketika ia berumur 2 tahun. Dua saudaranya, Perfect dan Riffi, adalah penjaga gawang tim Kongo.

17) Adil Rami. Bek ini dilahirkan di Bastia. Leluhurnya orang Maroko dan ia punya kewarganegaraan ganda.

18) Nabil Fekir. Penyerang yang lahir di Lyon ini, orang tuanya asli Aljazair. Ia memiliki kewarganegaraan ganda.

19) Djibril Sidibé. Pemain belakang ini keluarganya berasal dari Mali, hingga ia juga punya kewarganegaraan negara itu.

20) Florian Thauvin. Pemain depan yang besar di Orleans ini aslinya keturunan Gallic.

21) Lucas Hernandez. Bek ini anak pemain sepakbola Prancis Jean-Françoise yang bermain di Atletico dan Rayo, ia dilatih di klub rojiblanco. Ia tumbuh di Marseille dan memiliki pula kewarganegaraan Spanyol.

22) Benjamin Mendy. Pemain belakang ini tinggal di Longjumeau, dekat Paris, orang tuanya berasal dari Senegal. Ia memiliki kewarganegaraan ganda.

23) Alphone Areola. Kiper ini putera Cleto dan Heidi, imigran Filipina yang tiba di Prancis pada akhir 1980-an. Ia dilahirkan di Paris.

Sebuah tim yang seru, tentu! (yp)

Comments