Neymar dan Paulinho bersama rekannya di Timnas Brasil latihan sebelum laga melawan Swiss di Piala dunia 2018. (reuters)

Prediksi Brasil v Swiss: Saatnya Lupakan ‘Tamparan Mineirazo’

RUSIA – Tim Samba Brasil bakal mendapat hadangan dari Swiss pada laga perdana babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Senin (18/6/2018) pukul 01:00 WIB. Laga ini menjadi ajang untuk mengobati juara lima kali Piala Dunia itu setelah mendapat ‘tamparan Mineirazo’.

Kekalahan 1-7 dari Timnas Jerman pada babak semifinal Piala Dunia 2014 merupakan kenangan pahit yang sulit dilupakan Brasil. Selain karena status tuan rumah, hasil itu juga kekalahan terbesar yang mereka alami sepanjang sejarah keikutsertaan anak-anak Samba di semua kompetisi.

Tidak heran jika kekalahan itu dikenal oleh sebagian besar masyarakat Brasil sebagai ‘tamparan Mineirazo’. Nama Mineirazo diambil dari kota tempat digelarnya laga itu.

Kerasnya ‘tamparan Mineirazo’, membuat anak-anak asuh Tite sulit untuk bangkit hampir dua tahun lamanya. Dimulai dengan kekalahan 0-3 kontra Belanda pada perebutan juara ketiga Piala Dunia 2014, Brasil harus terdepak dini pada putaran pertama fase knockout Copa Amerika di Chili, satu tahun berselang.

Hujan kritik bahkan tidak kunjung reda mengguyur skuad Tite hingga pertengahan 2016. Sampai akhirnya Brasil menunjukkan tanda-tanda kebangkitan pada fase kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan (Conmebol) pada periode 2016-2017.

Bahkan skuad Tite terdaftar sebagai kontestan pertama yang memastikan diri berlaga di Piala Dunia 2018, selain tuan rumah Rusia. “Butuh waktu yang panjang bagi saya untuk mengembalikan rasa percaya diri para pemain. Saya adalah orang yang paling bertanggung jawab. Laga di Mineirazo, seperti sebuah tamparan yang keras bagi kami. Sekarang kami ingin melupakan itu dan kembali menunjukkan permainan kami. Tapi kami juga harus respek kepada Swiss, Kosta Rika, dan Serbia,” tandas Tite seperti dikutip O Globo.

Skuat Tite punya modal yang cukup untuk mengobati tamparan Mineirazo di Piala Dunia tahun ini, berkaca dari hasil 12 kali menang, lima kali imbang, dan sekali kalah di fase kualifikasi. Selain itu, Brasil juga mencatat lima kali menang dan sekali imbang dari enam laga ujicoba terakhir.

Pun, Swiss juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Skuat besutan Vladimir Petkovic itu tercatat sebagai tim yang tampil cukup impresif. Secara keseluruhan, Swiss telah melakoni 12 laga di babak kualifikasi dengan 10 kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah.

Sementara di laga ujicoba, Ricardo Rodriguez dan kolega belum tersentuh kekalahan dalam enam laga terakhir, termasuk empat laga di tahun ini. Selain itu, Swiss juga menjadi tim yang sulit dikalahkan oleh Brasil jika berkaca dari rekor pertemuan kedua tim. Pertemuan pertama kedua tim terjadi pada Piala Dunia 1950 silam.

Saat itu Brasil yang berstatus sebagai tuan rumah dipaksa bermain 2-2 oleh Swiss. Bukan tidak mungkin Swiss juga bisa kembali menyulitkan Brasil pada laga nanti. (junius/yp)

Pertemuan terakhir:
15/08/13, Swiss v Brasil 1-0
16/11/06, Swiss v Brasil 1-2
29/06/50, Brasil v Swiss 2-2

Perkiraan pemain:
Brasil (4-3-3): Alisson (g); Danilo, Thiago Silva, Miranda, Marcelo; Casemiro, Paulinho, Philippe Coutinho; Willian, Gabriel Jesus, Neymar.
Pelatih: Tite.
Swiss (4-2-3-1): Sommer (g); Lichtsteiner, Schaer, Akanji, Rodriguez; Behrami, Xhaka; Shaqiri, Dzemaili, Zuber; Seferovic.
Pelatih: Vladimir Petkovic.

Comments