Mesut Ozil dan Timnas Jerman latihan sebelum laga melawan Meksiko di Piala Dunia 2018. (reuters)

Prediksi Jerman v Meksiko: Ajang Pembuktian Ozil Dan Gundogan

RUSIA – Jerman bakal menghadapi Meksiko dalam laga perdana babak penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Minggu (17/6/2018) pukul 22:00 WIB. Laga ini akan menjadi ajang pembuktian bagi Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan terkait loyalitas mereka bersama Tim Panser menyusul kritik terhadap dua pemain keturunan Turki tersebut.

Kritik fans Jerman dilayangkan kepada Ozil dan Gundogan setelah keduanya dituduh melanggar nilai yang diusung sepakbola Jerman dengan bertemu Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, belum lama ini. Dalam pertemuan yang berlangsung di kedutaan besar Turki di London itu, mereka memberikan jersey klub masing-masing lengkap dengan tangan keduanya kepada Ergogan.

Hal itu diketahui para fans Jerman setelah gambar mereka beredar bersama penyerang Timnas Turki, Cenk Tosun, dan Erdogan beredar di dunia maya. Bahkan Gundogan pun mempostinganya dalam akun pribadinya di Instagram.

Menanggapi hal itu, DFB selaku Asosiasi Sepakbola Jerman memberi ultimatum. DFB menuduh pertemuan itu sebagai bagian dari kampanye politik Erdogan yang tidak bisa ditolerir.

Gundogan dan Ozil membantah tak setia pada Jerman. Mereka mengaku hanya brfoto dengan presiden sebuah negara tempat keluarga dan asal-usul mereka.

Efeknya adalah keduanya dituntut untuk menampilkan performa gemilang demi mengakhiri rekor buruk Jerman selama laga ujicoba. Sejak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, Jerman hanya menang sekali di enam laga ujicoba.

Satu-satunya kemenangan itu pun diraih skuat asuhan Joachim Loew saat mengalahkan tim sekelas Arab Saudi dengan skor tipis 2-1. Sebaliknya, lawan yang mereka hadapi adalah Meksiko yang mencatat empat kali menang, dua kali imbang dari delapan laga ujicoba.

Sayangnya, sejarah sepertinya tidak memihak Meksiko. Dalam empat pertemuan mereka dengan Jerman di Piala Dunia, Meksiko belum pernah sekalipun menang.

Terakhir, Tim Somberero ini dipaksa menyerah 1-2 pada Piala Dunia di Prancis 1998. Bahkan pada ajang terakhir di Piala Konfederasi 2017, El Tri ini pun menyerah dengan skor telak 1-4 dari Jerman.

Maka, bukan tidak mungkin Meksiko kembali harus menelan kekalahan dari Jerman. Namun, diperkirakan pertandingan seru nanti hanya akan berkhir dengan kemenangan topis bagi Jerman. (junius/yp)

Pertemuan terakhir:
30/06/17, Jerman v Meksiko 4-1
29/06/05, Jerman v Meksiko 4-3
29/06/98, Jerman v Meksiko 2-1
22/12/93, Meksiko v Jerman 0-0

Perkiraan pemain:
Jerman (4-1-4-1): Neuer (g); Kimmich, Boateng, Hummels, Rudiger; Khedira; Kroos, Ozil, Muller, Reus; Werner.
Meksiko (4-3-3): Ochoa (g); Salcedo, Moreno, Ayala, Marquez; Herrera, Jonathan dos Santo;, Guardado, Giovani Dos Santos, Vela, Hernandez.

Comments