Timnas Jepang latihan sebelum laga melawan Kolombia di babak penyisihan Grup H Piala Dunua 2018. (reuters)

Prediksi Kolombia v Jepang: Samurai Menolak Mengulang Sejarah

RUSIA – Kolombia akan bertemu dengan Jepang dalam di babak penyisihan Grup H Piala Dunia 2018, Selasa (19/6/2018). Laga perdana bagi keduanya ini akan digelar Stadion Mordovia Arena.

Kolombia menjadi salah satu tim yang diwaspadai di ajang sepak bola sejagat ini. Tim ini diperkuat James Rodriguez, pemenang Sepatu Emas pada Piala dunia 2014, yang kini merumput di Bayern Munich.

Di ajang serupa 4 tahun lalu di Brasil, kedua tim juga bertemu di babak penyisihan grup. Saat itu, Jepang menyerah 1-4.

Meski begitu, Jepang tak lantas rendah diri. Jauhnya peringkat antar kedua negara, Kolombia peringkat 15 FIFA dan Jepang pengkat 61, juga tak lantas membuat Samurai Biru bakal angkat tangan begitu saja.

Setidaknya, pada laga uji coba terakhir, Jelang mengalahkan Uruguai dengan 4-2 di Stadion Tivoli Neu, Austria, pada 12 Juni 2018.

Kemenangan pertama dari tiga laga di bawah pelatih baru Akira Nishino ini melecut semangat mereka. Di laga uji coba terakhir jelang pesta bola empat tahunan ini, Jepang menang 4-2 atas Paraguay (12/6/2018) di Stadion Tivoli Neu, Austria. Kemenangan tersebut menjadi kemenangan pertama Jepang dalam tiga laga di bawah asuhan pelatih Akira Nishino.

Pelatih Kolombia, Jose Pekerman, sudah menegaskan akan bermain dengan ciri khas negerinya. “Kami akan mengambil inisiatif tapi juga kami tak boleh kehilangan kekuatan pertahanan,” ujarnya.

Di satu sisi, Nishino mengaku beratnya melawan Kolombia hingga baginya kemenangan atas lawannya itu seperti sebuah keajaban kecil. Namun, kemenangan atas Uruguay membutnya melihat tak ada yang tak mungkin terjadi.

“Semua berubah cepat. Bila kami bisa menang di laga pertama maka akan banyak yang menjadi berbeda,” ujar pelatih pengganti Valid Halilodzic yang dipecat karena serangkaian permainan buruk Jepang ini.

Tentu, Jepang menolak mengulang sejarah empat tahun lalu. Karenanya, negara Matahari Terbit ini bisa menjadi batu sandungan bila Kolombia terlalu asyik dengan tekanannya. (yp)

Perkiraan Susunan Pemain
Kolombia
: ospina, Zapata, Arias, Fabra, Sanchez, Aguilar, Juan Cadrado, Rodriguez, Cordona, Falcao
Jepang: Kawashima, Makino, Nagatomo, Sakai, Ueda, Hasebe, Honda, Haraguchi, Yamaguchi, Shibasaki, Sugimoto

Comments