Mohamed Salah saat latihan bersama Timnas Mesir di Rusia. (reuters)

Prediksi: Lama Puasa, Mesir Langsung Bertemu Calon Juara

RUSIA – Mesir akan menantang Uruguay dalam babak penyisihan Grup A Piala Dunia 2018, Jumat (15/6/2018). Laga kedua tim yang baru pertama kali bertemu ini akan digelar di Stadion Ekaterinburg Arena.

Sejatinya, mereka pernah bertemu tapi bukan di ajang resmi. Dalam pertandingan persahabatan yang digelar Agustus 2006 itu, Uruguay menang dengan 2-0.

Menghadapi Uruguay yang ada di urutan 13 ranking FIFA, posisi Mesir jauh berada di bawahnya, yakni 45. Uruguay juga jauh lebih berpengalaman dengan dua kali juara. Sedang bagi Mesir keikutsertaannya di Pial Dunia kali ini adalah yang ketiga kali usai puasa selama 28 tahun.

Tercatat, dalam lima laga terakhir, Uruguay juga memiliki hasil yang lebih baik. Tim latin ini menang saat melawan Uzbekistan, Wales dan Republik Celo, kalah lawan Austria dan seri lawan Polandia.

Mesir tak sekalipun mereih kemenangan dalam lima pertandingan sebelumnya. Tim ini hanya bisa mengimbangi Kolombia dan Kuwait dan tiga kali menelan kekalahan dari Portugal, Yunani dan Belgia.

Meski terkesan tak seimbang, Uruguay tak berani main-main melawan Mesir. pelatih Oscar Tabarez bakal menurunkan tim terbaiknya di laga perdana ini, lengkap dengan striker tajam Luis Suarez dan Edinson Cavani. Ini semua demi ambisi bisa meraih juara yang ketiga kali.

Di satu sisi, Mesir belum tentu bisa memainkan Mohamad Salah. Bintang yang tengah bersinar ini cedera saat membela Liverpool melawan Real Madrid dalam final Lifa Champions, 27 Mei 2018.

Dokter Timnas Mesir, Mohammad Abu Al Ela, menyebut Salah masih merasakan sakit. Cedera seperti itu disebutnya perlu waktu tiga pekan untuk penyembuhan.

Meski tak ada Salah, pelatih Hector Cuper tentu telah menyiapkan pasukannya. Mereka tak ingin tergantung pada satu orang, sekalipun pemain itu yang membawa tim ke Rusia.

Namun agaknya semangat tinggi Mesir masih belum bisa mengimbangi pengalaman penuh Uruguay. Diperkirakan Uruguay akan menang setidaknya 2-0 atas tim dari benua Afrika itu. (yp)

Comments