Tmnas Belgia berlatih untuk melawan Panama dalam babak penyisihan Grup F Piala Dunia. (reuters)

Prediksi: Pertama Bertemu, Belgia Bisa Hancurkan Panama

RUSIA – Belgia akan melawan Panama dalam babak penyisihan Gruo F Piala Dunia 2019, senin (18/6/2018) dini hari WIB. Laga di Stasion Fisht, Sochi, itu adalah pertemuan pertama bagi keduanya.

Timnas Belgia adalah generasi emas yang datang dengan dimpimpin pelatih Roberto Martinez. Tim ini, datang dengan catatan penguasaan bola nyaris sempurna.

Dalam lima laga terakhirnya, Iblis Merah meraih empat kemenangan dengan skor telak, masing-masing 30 atas Mesir, 4-1 atas Kosta Rika dan 4-0 melawan Arab Saudi.

Satu laga yang hanya bisa menang tipis 1-0 dilakukan ketika Belgia bertemu Jepang. Sedang satu-satunya pertandingan seri terjadi saat menghadapi Portugal yang berakhir dengan 0-0.

Berbeda dengan Belgia yang begitu piawai dalam menguasai bola, dan rajin mencetak gol, Panama sebaliknya. Tim ini aat mengandalkan pertahanannya.

Namun tim berjuluk Los Canarelos ini sudah terebukti tahan banting menghadapi tingginya tekanan lawan. Panama yang menyingkirkan laju Amerika Serikat ke Rusia ini fasih dengan permainan bertahan lalu mengambil serangan balik untuk mencetak gol.

Dalam delapan laga persahabatan terkahir, panama hanya bisa dua kali menyegel kemenangan. Bahkan dalam lima pertandingan di antaranya hanya sekali menang.

Meski begitu, pelatih panama, Hernan Gomez, menatap masa depan anak buahnya dengan penuh optimis. Ia memang berpengalaman menangani Piala Dunia sebelumnya menangani Kolombia pada 1998 dan Ekuador pada 2002.

Diperkirakan, Belgia akan turun lengkap meski Eden Hazard yang belum fit. Tapi itu tak masalah karena masih ada Romelu Lukaku yang mencetak 11 gol dalam 10 laga terakhirnya.

Dalam pertandingan nanti, adu kuat pertahanan Panama dengan serangan Belgia akan tanpa jual beli seragan. permainan akan banyak berkutat di sebelah lapangan. Belgia akan tetap menjadi pemenangnya dengah skor sedikitnya 2-0. (yp)

Perkiraan susunan pemain:
Belgia: Courtois; Alderweireld, Boyota, Vertonghen; Meunier, Carrasco, Witsel, De Bryuyne; Mertens, Eden hazard, Lukaku
Panama: Penedo; Roman Rorres; Escobar, Machado, Ovalle, Murillo; Gomez, Quintero, Barcenas, Godoy; Gabriel Torres

Comments