Timnas Korea Soetan berlatin sebelum laga melawan Swedia di Piala dunia 2018. (reuters)

Prediksi Swedia v Korsel: Duel Ketat Kuda Hitam

RUSIA – Swedia bertemu Korea Selatan (Korsel) dalam laga pertama Grup F Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod, Senin (18/6/2018) pukul 19:00 WIB. Dua tim ini bisa menjadi kuda hitam dua tim lain di grup yang sama.

Setelah 12 tahun menanti, Swedia kembali ke Piala Dunia usai menyingkirkan Italia di babak play off zona Eropa dengan agregat 1-0. Namun di Rusia, tim ini menghadapi laga-laga sulit untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Pertandingan pertama adalah melawan Korea Selatan, kemudian melawan Jerman dan Meksiko. Beratnya laga nanti membuat Swedia harus merebut tiga angka.

Skuat Skandinavia yang dibesut oleh Janne Andersson ini dijagokan memperebutkan tempat kedua di Grup F di bawah Jerman.

Sementara Korea Selatan lolos ke setiap Piala Dunia sejak 1986, namun mereka hanya dua kali melewati fase grup. Korea Selatan tidak memiliki penampilan terbaiknya pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Mereka bisa saja gagal ke Rusia jika bukan gara-gara Suriah kalah dengan selisih tipis melawan Iran dalam laga terakhir kualifikasi grup.

Tim asuhan Shin Tae-yong ini juga gagal tampil mengesankan dalam sejumlah laga persahabatan. Sejak itu mereka hanya mencatat satu kemenangan dari enam laga terakhir.

Sebaliknya juga Swedia memiliki catatan serupa di laga persahabatan. Mereka kalah empat kali.

Tak jauh berbeda dengan Korea Selatan, tim ini juga tampil buruk di beberapa laga persahabatan.

Mereka kalah empat kali dan belum mencetak gol dalam tiga laga teranyarnya. Ini mirip dengan Euro 2016 saat Swedia gagal melewati babak penyisihan grup tanpa kemenangan dan hanya mencetak satu gol.

Diprediksi pertandingan bakal berjalan ketat. Hasil maksimal yang bisa diraih Korsel yakni imbang.

Sementara bagi Swedia lebih memiliki kesempatan untuk bisa memenangkan pertandingan mengingat head to head mereka yakni dari tiga pertemuan Swedia menang sekali dan imbang dua kali. Laga persahabatan terakhirnya yakni tahun 2005 yang berakhir 2-2. (bu/yp)

Perkiraan Susunan Pemain

Swedia (4-4-2): Olsen – Augustinsson, Granqvist, Lindelof, Krafth – Forsberg, Ekdal, Larsson, Durmaz – Berg, Toivonen.

Korea Selatan (4-3-3): Kim Seung-gyu – Park Joo-ho, Kim Young-gwon, Kim Min-woo, Lee Yong – Ki Sung-yueng, Lee Jae-sung, Koo Ja-cheol, Jung Woo-young – Heung-min Son, Hwang Hee -chan

Comments