Cristiano Ronaldo dijaga ketat pemain Maroko.(reuters)

Ronaldo Bawa Portugal Susah Payah Tekuk Maroko 1-0

RUSIA- Cristiano Ronaldo kembali jadi pahlawan Portugal saat menang susah payah melawan Maroko pada babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskowa Rusia, Rabu (20/6/2018) malam WIB.

Portugal menang 1-0 berkat gol cepat Ronaldo pada menit keempat yang tercipta lewat sundulan memanfaatkan sepak pojok. Ini gol keempat Ronaldo pada perhelatan Piala Dunia di Rusia.

Hasil ini tentu membuat peluang Portugal lebih baik melaju ke babak 16 karena telah memiliki empat poin. Di laga perdana Portugal bermain imbang 3-3 melawan Spanyol. Ketiga gol Portugal dicetak ole Ronaldo.

Tidak mudah bagi Portugal mengalahkan wakil dari Afrika itu. Gol cepat Ronaldo sepertinya tercipta karena mereka belum siap betul karena laga baru berlangsung empat menit.

Memang begitu wasit meniup pertanda laga dimulai, Portugal langsung menyerbu pertahanan Maroko. Hasilnya mereka mendapat hadiah tendangan penjuru. Moutinho yang mengambil tendangan sudut menendang bola tinggi ke kotak penalti. Lewat sundulannya Ronaldo menjebol gawang Maroko.

Namun setelah itu Portugal tampak kesulitan menebus pertahanan Maroko. Ronaldo dibuat tidak berkutik karena dikawal ketat. Justru Maroko yang beberapa kali menekan pertahanan Portugal.

Seperti menit ke-29 Boutaib terjatuh di kotak penalti Portugal dan kubu Maroko mengklaim hal tersebut harus berbuah penalti. Namun wasit tetap pada pendiriannya untuk meneruskan laga. Meski menekan terus namun Maroko tetap tidak mampu mencetak gol sehingga babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0.

Memasuki babak kedua, Maroko kembali menekan. Bahkan pada menit ke-57 harusnya mereka bisa menyamakan kedudukan . Sayang sundulan Belhanda memanfaatkan umpan tendangan bebas dari Ziyech masih bisa ditepis dengan sangat baik oleh Rui Patricio.

Kiper Portugal ini memang bisa disebut juga pahlawan. Pasalnya dia beberapa kali mampu menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Lewat serangan balik Portugal juga mengancam pertahanan Maroko. Pada menit ke-84, Ronaldo harus dijatuhkan pemain Maroko tepat di depan kotak penalti Maroko. Tentu saja mendapat hadiah tendangan bebas . Tetapi sayang, tendangan bebas yang dilepaskan oleh Ronaldo masih membentur pemain bertahan Maroko.

Lima menit wasit memberikan perpanjangan waktu dan terus digunakan oleh Maroko yang nafsu untuk mencari gol penyeimbang. Sayang usaha mereka tidak berhasil sehingga kedudukan 1-0 tetap milik Portugal.

Dua kali kalah termasuk ketika ditekuk Iran 1-0 tentu membuat peluang Maroko tertutup lolos ke babak 16. Pada laga nanti Spanyol akan menghadapi Iran di mana jika ingin lolos Sergis Ramos Cs wajib menang.

Hingga sekarang di Grup B, Portugal masih berada di puncak klasemen dengan nilai empat disusul Iran tiga poin lalu Spanyol satu poin dan Maroko paling buncit dengan nilai kosong. (b)

Comments