Cristiano Ronaldo kecewa karena gagall mencetak gol dari tendangan penalti (reuters)

Hadapi Uruguay di Babak 16

Ronaldo Gagal Penalti, Portugal Ditahan Imbang Iran 1-1

RUSIA– Cristiano Ronaldo gagal mencetak gol lewat tendangan penalti akibatnya Portugal hanya bermain imban 1-1 melawan Iran pada babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 di Mordovia Arena, Rusia, Selasa (26/6/2018) dinihari WIB.

Hasil ini membuat Portugal harus puas di peringkat kedua klasemen dan akan berhadapan dengan Uruguay yang berhasil jadi juara Grup A di babak 16 nanti. Sedangkan Spanyol yang juga bermain imbang melawan Maroko berada di peringat pertama dan akan menghadapi tuan rumah Rusia.

Spanyol dan Portugal sebetulnya sama-sama mengemas lima poin dari sekali menang dua kali seri. Hanya saja Spanyol berhak di peringkat pertama karena lebih banyak mencetak gol.

Sedangkan Iran dan Maroko harus angkat koper meski mereka mempertontonkan permainan menawan.

Portugal boleh dibilang apes. Selain karena Ronaldo gagal mencetak gol lewat titik putih, juga gol Iran tercipta pada masa injury time babak kedua oleh Ansarifard. Padahal jika menang tentu akan menjadi juara Grup B dan akan lebih mudah menghadapi Rusia.

Tidak mudah bagi Portugal menghadapi wakil Asia itu. Meski mutlak menguasai permainan namun pertahanan ketat yang diperagakan Iran membuat Ronaldo Cs kesulitan mencetak gol.

Portugal baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-45. Andrien Silva melepaskan umpan terobosan ke pertahanan Iran. Di sana ada Ricardo Quaresma dan dengan sepakan melengkung dengan kaki bagian luar Quaresma berhasil menembus gawang Beiranvand. Itulah satu-satunya gol yang tercipta pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, Portugal terus mendominasi laga. Meski demikian Ronaldo yang dijaga ketat belum mampu membahayakan gawan Iran.

Namun pada menit ke-50, bintang Real Madrid itu terjatuh di kotak penalti, usai mendapat hadangan dari Afagh. Tetapi wasit tidak melihat hal tersebut sebagai pelanggaran.

Pelatih Portugal Enrique Caceres memprotesnya dan akhirnya meminta bantuan VAR untuk menentukan aksi tersebut. Wasit lalu memberikan hadiah penalti bagi Portugal. Namun secara gemilang, Beiranvand mampu membaca arah bola tendangan Ronaldo dan menghentikannya dengan sempurna.

Laga berlangsung keras. Kedua tim kerap melakukan pelanggaran dan sering memprotes keputusan wasit.

Pada menit ke-88, pergerakan Ronaldo kembali dihentikan oleh barisan belakang Iran dengan pelanggaran . Kesempatan bagi Portugal dari sepakan bebas di rusuk kanan pertahanan Iran. Namun usaha Ronaldo tidak berbuah hasil.

Pada menit masa injury time petaka menimpa Portugal. Awalnya sepakan dari pemain Iran mengenai tangan Cedric Soares. Dengan bantuan VAR, wasit akhirnya menunjuk titik putih usai melihat bola dengan jelas mengenai tangan Cedric Soares.

Karim Ansarifard yang bertidak sebagai algojo berhasil mengeksekusi sepakan penalti dengan sempurna. Kedudukan menjadi 1-1 hingga akhir laga. Kemenangan di depan mata Portugal harus terbuang percuma dan mereka pun tidak melewati Spanyol di puncak klasemen. (b)

Comments