Suarez dan kawan-kawan rayakan gol ke gawang Arab Saudi (reuters)

Rusia dan Uruguay Lolos, Mesir dan Arab Saudi Tersingkir

RUSIA– Gol semata wayang Luis Suarez ke gawang Arab Saudi sudah mampu menghantarkan Urugugay ke babak 16 Piala Dunia Rusia. Sedangkan akibat hasil ini, Arab Saudi dan Mesir dipastikan tersingkir dari Grup A.

Pada laga penyisihan Grup A di Rostov Arena, Rusia, Rabu (20/6/2018) gol Suarez tercipta pada menit ke-23.

Gol tersebut berawal dari sepak pojok yang dieksekusi oleh Sanchez. Lalu Suarez melepaskan tembakan akurat di mulut gawang.

Gol itu menjadi pemacu semangat Uruguay terus menekan Arab Saudi. Namun justru Arab Saudi yang mengancam Uruguay. Seperti menit ke-26, Bahbri mencoba menyamakan kedudukan lewat sepakan jarak jauhnya, namun upaya winger Arab Saudi itu masih bisa ditepis oleh Muslera.

Kedua tim berusaha saling menyerang namun hingga babak pertama usai kedudukan tetap 1-0 untuk kemenangan Uruguay.

Memasuki babak kedua, Uruguay kembali menekan Arab Saudi. Pada menit ke-62 Cavani melepas umpan silang dari sayap kiri dan bola meluncur ke kotak penalti yang berhasil ditanduk oleh Sanchez. Sayang, bola masih melambung di atas mistar gawang.

Berbagai cara dilakukan oleh Suarez dan kawan-kawan untuk menambah gol, namun karena penyelesaian akhir yang buruk segala usaha mereka sia-sia.

Pada menit ke-89 Suarez meneruskan umpan tarik dari Laxalt melepaskan tembakan sepakan voli di depan kotak penalti, namun upaya penyerang Barcelona itu tak mengarah ke gawang.

Sampai wasit meniup pluit panjang, kedudukan akhir tetap tidak berubah 1-0 untuk Uruguay. Meski hanya menang tipis namun sudah mampu membawa mereka lolos ke babak 16 bersama Rusia.
Pada laga terakhir nanti Rusia dan Uruguay akan menentukan siapa juara Grup A. Kini keduanya sama-sama memiliki enam poin dari dua kali menang. Hanya saja Rusia berhak di posisi teratas karena memiliki selisih gol lebih banyak.

Sedangkan laga terakhir Mesir melawan Arab Saudi tidak lagi berpengaruh kecuali hanya menentukan peringkat di grup A. Keduanya belum memperoleh nilai karena sama-sama kalah di dua laga. Hanya saja Mesir berhak di peringkat ketiga karena kebobolan lebih sedikit.

Catatan yang ada Arab Saudi selalu menjadi juru kunci pada penampilan mereka di tiga edisi Piala Dunia terakhir, performa terbaik mereka terjadi pada 1994 kalah dari Swedia di babak 16 besar. (b)

Comments