Mohamed Salah tidak bisa berbuat banyak karena terus dijaga ketat pemain Rusia (reuters)

Rusia Melangkah ke Babak 16 Besar, Mesir Tersingkir

RUSIA – Tuan rumah Rusia dipastikan melenggang ke babak 16 besar, setelah menekuk Mesir 3-1 pada penyisihan Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rusia Rabu (20/6) dinihari WIB. Dengan hasil ini Mesir juga dipastikan tersingkir dari turnamen sepak bola paling akbar se-dunia itu.

Masyarakat pencinta bola, khususnya fans Mohamed Salah juga tinggal hanya sekali lagi melihat bintang Mesir itu beraksi di lapangan hijau di Piala Dunia Rusia saat menghadai Timnas Arab Saudi.

Drama empat gol yang tercipta di babak kedua. Tiga gol Rusia tercipta lewat gol bunuh diri yang dilakukan Ahmed Fathy menit ke-47 dan gol Cheryshev menit ke-59 serta gol Dzyuba menit ke-62. Sedangkan gol Mesiri dicetak Mohamed Salah menit ke-75 lewat tendangan penalti.

Dengan kemenangan itu, Rusia berhasil memimpin Grup A dengan enam angka, disusul Uruguay (3 angka) yang baru akan melakoni laga kedua menghadapi Arab Saudi Rostov Arena, Rabu (20/6) pukul 22:00 WIB.

Meski menyisahkan satu laga terakhir kontra Uruguay, Rusia sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, tanpa terpengaruh apa pun hasil yang diraih Arab Saudi di dua laga tersisa. Pasalnya, Sbornaya julukan Rusia unggul head to head atas Arab Saudi setelah menang 5-0 pada laga pembuka.

Artinya, jika Arab Saudi menang atas Uruguay malam nanti dan mengalahkan Mesir pada laga pamungkas, tim berjuluk Si Falkon Hijau itu tidak bisa mengkangkangi Rusia, meski kalah di laga pamungkas.

Sebaliknya, jika Arab Saudi kalah malam nanti, maka sudah dipastikan Uruguay yang akan mendampingi Rusia ke babak 16 besar. Namun perebutan juara Grup A masih akan diperebutkan oleh Rusia dan Uruguay di laga pamungkas Sabtu (25/6) pukul 21:00 WIB.

Sebaliknya, Mesir sudah dipastikan tersingkir, meski masih menyisahkan satu laga terakhir melawan Arab Saudi. Pasalnya, Mohamed Salah dan kolega sudah kalah head to head dari Rusia dan Uruguay.

Artinya, apa pun hasil yang diraih Mesir saat melawan Arab Saudi di laga pamungkas, tetap akan membawa mereka angkat koper dari Rusia usai menelan dua kekalahan beruntun di babak penyisihan grup. Setelah takluk 0-1 dari Uruguay di laga perdana, anak-anak asuh Hector Cuper itu kembali gagal mersaih angka pasca menyerah 1-3 dari Rusia.

Mesir yang tampil dengan bintang mereka Mohamed Salah sebetulnya mampu menahan Rusia sepanjang babak pertama yang berakhir imbang tanpa gol.

Memang kehadiran winger Liverpool tidak langsung memberikan dampak. Ia jarang mendapat asupan bola karena Rusia lebih sering menekan Mesir di arena pertahanannya sendiri.

Bahkan akhirnya daya tahan tim dari negeri Piramid itu runtuh di babak kedua yang diawali dari aksi bunuh diri Ahmed Fathy (47″).

Bermaksud menghalau tendangan Aleksandr Golovin dari luar kotak penalti, bola justru meluncur ke sudut kiri bawah gawang Mesir yang tak mampu dijangkau Mohammed El Shenawy. Gol itu sekaligus menguncang mental Para Firaun yang kemudian kebobolan dua kali dalam waktu kurang dari 15 menit, lewat aksi Denis Cheryshev (59″) dan Artem Dzyuba (62″).

Sebaliknya, Mesir hanya bisa mencetak gol hiburan lewat aksi Salah dari titik putih (73″).

Pasalnya, sejak itu tidak ada lagi gol yang tercipta hingga laga bubaran. Ini merupakan pertama kalinya Rusia memenangi dua laga pembuka di Piala Dunia sejak 1966 (sebagai Uni Soviet), kompetisi yang membawa mereka mampu melangkah hingga ke semifinal. Selain itu, delapan gol di dua laga pembuka Piala Dunia juga menjadi yang terbanyak selaku tuan rumah, sama seperti yang ditorehkan Italia pada edisi 1934. (junius/b)

Susunan Pemain:

Rusia (4-2-3-1): Igor Akinfeev (g); Mario Fernandes, Ilya Kutepov, Sergei Ignashevich, Yuri Zhirkov (Fyodor Kudryashov/86″); Roman Zobnin, Yury Gazinsky; Alexander Samedov, Aleksandr Golovin, Denis Cheryshev (Daler Kuzyayev/74″); Artem Dzyuba (Fyodor Smolov/79″).
Pelatih: Stanislav Cherchesov.

Mesir (4-2-3-1): Mohammed El Shenawy (g); Ali Gabr, Ahmed Hegazy, Ahmed Fathi, Mohammed Abdelshafy; Tarek Hamed, Mohammed El Neny (Amr Warda/64″); Mahmoud Trezeguet (Ramadan Sobhi/68″), Abdullah Al Said;, Mohammed Salah; Marwan Mohsen (Kahraba/82″).
Pelatih: Héctor Cúper.

Comments