reuters

Senegal Bakal Berikan Kejutan

POLANDIA bakal berduel melawan Senegal dalam laga pertama di Grup H, di Otkrytiye Arena, pada hari Selasa (19/6) pukul 22.00 WIB.

Aliou Cisse menjadi orang Senegal pertama yang memimpin tim nasional mereka di ajang Piala Dunia. Senegal pernah mencapai babak perempat final 16 tahun lalu di Piala Dunia Korea/Jepang.

The Lions of Teranga, julukan Senegal memiliki skuad yang mirip dengan formasi tahun 2002. Sadio Mane memimpin lini depan seperti yang telah El Hadji Diouf lakukan saat itu (2002). Sementara lini tengah dipimpin Aliou Cisse yang kini menjadi pelatih kepala.

Tim Afrika itu terkenal mampu membentuk blok pertahanan yang kuat dengan pertahanan enam pemain (empat di belakang dan dua gelandang bertahan dalam diri Cheikhou Kouyate dan Idrissa Gueye) di bawah kendali pemain Napoli, Kalidou Koulibaly.

Sementara Polandia tampil mengesankan pada tahap kualifikasi Piala Dunia, memuncaki grup di atas Denmark, Rumania dan Montenegro dengan 8 kemenangan dalam 10 pertandingan. Mesin gol Robert Lewandowski mengilhami dominasi mereka setelah menjaringkan 16 gol, satu lebih banyak dari Cristiano Ronaldo dalam daftar pencetak gol di zona kualifikasi Eropa.

Namun sayangnya skuat asuhan Nawalka ini tidak banyak memiliki pemain yang bermental juara. Beberapa pemain topnya seperti Jakub Blaszczykowski (Wolfsburg) jarang dimainkan klubnya karena cidera. Ia baru pulih April lalu. Kemudian Grzegorz Krychowiak (WBA) lebih sering di bangku cadangan. Sedang dua kiper yakni Szczesny dan Milik yang masing-masing bermain di klub Juventus dan Napoli nyaris menganggur.

Hanya Robert Lewandowski yang patut diwaspadai sebagai penyerang tunggal. Namun sanggupkah dia membongkar kuatnya pertahanan sekuat tembok yang dibangun Senegal.

Prediksi pertandingan kemungkinan Senegal akan memberikan kejutan seperti halnya Meksiko yang mampu menjungkalkan Jerman yang lebih difavoritkan. (bu)

Comments