Pemain-pemain Senegal merayakan kemenangan 2-1 atas Polandia (reuters)

Senegal Bikin Kejutan, Taklukkan Polandia 2-1

RUSIA – Tim ‘Singa dari Teranga’ Senegal berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan Polandia 2-1 pada laga babak penyishan Grup H di Otkrytiye Arena, Selasa (19/6) malam WIB. Tampil sebagai tim unggulan, Polandia dipaksa harus mengakui keunggulan Senegal yang bermaterikan pemain muda.

Aksi jual beli-serangan sudah mewarnai duel kedua tim sejak awal-awal laga. Namun tidak satupun gol yang tercipta sampai akhirnya Senegal berhasil menjebol gawang Polandia, lewat aksi bunuh diri Thiago Cionek pada menit ke-37.

Tembakan Idrissa Gana Gueye sempat mengenai Cionek yang meluncur ke pojok gawang tanpa bisa diantisipasi Wojciech Szczesny. Cionek pun menjadi pemain Polandia pertama yang melakukan aksi bunuh diri di Piala Dunia. Sejak saat itu tidak ada gol yang tercipta sehingga skor 1-0 untuk keinggulan Senegal bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Polandia yang merasa terancam langsung berinisiatif menyerang. Situasi itu membuat Si Singa mulai kewalahan. Namun blunder yang dilakukan Jan Bednarek, justru menambah keunggulan Senegal, berkat gol Mbaye Niang di menit ke-60.

Bednarek yang sebenarnya berusaha membuang bola justru membuat si kulit bundar meluncur ke pertahanan sendiri. Niang yang masuk ke lapangan setelah sempat keluar sejenak dan tidak berada dalam posisi offside langsung memanfaatkan situasi itu untuk menceploskan bola setelah sempat mebgecoh Szczesny.

Unggul dua gol membuat Senegal kian berada di atas angin dan mulai mengendurkan serangan demi bermain aman. Namun usaha mereka justru berhasil dimaksimalkan Polandia untuk memecah kita buntuan lewat gol Grzegorz Krychowiak dimenit 84 usai memanfaatkan umpan Piotr Zielinski. Sayang, gol tersebut belum cukup bagi Polandia untuk menghindari krkalahan lantaran tidak ada gol yang tercipta hingga laga bubaran. Senegal pun memimpin Grup H bersama Jepang dengan tiga angka.

Sedangkan Polandia harus puas menempati urutan dua terbawah tanpa angka, bersama Kolombia yang juga kalah 1-2 dari Jepang pada laga sebelumnya. Dengan demikian, laga selanjutnya di Grup H dipastikan semakin sengit. Pasalnya, laga lanjutan yang akan digelar akhir pekan ini, mempertemukan Senegal dengan Jepang dan Kolombia kontra Polandia. (junius/b)

Susunan Pemain:

Polandia (4-2-3-1): Wojciech Szczesny (g); Lukasz Piszczek (Bartosz Bereszynski/83″), Thiago Cionek, Michal Pazdan, Maciej Rybus; Grzegorz Krychowiak, Piotr Zielinski; Jakub Blaszczykowski (Jan Bednarek/46″), Kamil Grosicki, Arkadiusz Milik (Dawid Kownacki/73″); Robert Lewandowski.
Pelatih: Adam Nawalka.

Senegal (4-4-2): Khadim N’Diaye (g); Moussa Wague, Salif Sane, Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly; Ismaila Sarr, Alfred N’Diaye (Cheikhou Kouyate/87″), Idrissa Gana Gueye, Sadio Mane; Mame Biram Diouf (Cheikh Ndoye/62″), Mbaye Niang (Moussa Konate/76″).
Pelatih: Aliou Cisse.

Comments