Pemain-pemain Senegal latihan menghadapi Jepang (reuters)

Senegal Diprediksi Mampu Atasi Jepang

RUSIA– Jepang tampil mengejutkan di laga perdananya dengan mengalahkan Kolombia 2-1 di Grup H Piala Dunia 2018. Tim Samurai Biru itu kini bersiap melanjutkan kejutannya kala berjumpa dengan Senegal di Yekaterinburg Central Stadium, Minggu (24/6) pukul 22:00 WIB.

Banyak yang menilai kemenangan Jepang itu berbau keberuntungan. Pasalnya Kolombia harus bermain dengan 10 pemain setelah Carlos Sanchez melakukan handball secara sengaja di menit ketiga yang berbuntut kartu merah. Selain itu Jepang mendapat hadiah tendangan penalti yang tak disia-siakan oleh Shinji Kagawa.

Meski tampil dengan 10 pemain, Kolombia mampu mengimbangi permainan Jepang. Buktinya mereka bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan bebas Carlos Quintero. Namun Jepang akhirnya menutup laga dengan kemenangan lewat gol Yuya Osaka.

Jepang menjadi tim Asia pertama yang mampu mengalahkan tim Amerika Selatan di Piala Dunia.

Sementara Senegal juga menjadi tim yang mengejutkan dengan menjungkalkan salah satu raksasa Eropa, Polandia, dengan skor 2-1.Ini adalah kali kedua Senegal membuat kecewa favorit Piala Dunia. Di tahun 2002 lalu mereka mengalahkan Prancis 1-0 sekaligus lolos ke babak 16 besar.

Kali ini Senegal datang dengan pemain-pemain berkualitas seperti Sadio Mane, Kalidou Koulibaly, Lamine Gassama; Ismaila Sarr, Alfred Ndiaye, Idrissa Gane Gueye, SMame Diouf, dan Mbaye Niang. Mereka inilah yang menjadi tulang punggung tim berjuluk Singa Teranga.

Prediksi pertandingan

Melihat penampilan perdana dari Senegal saat menghadapi Polandia besar kemungkinan Sadio Mane dan kawan-kawan bisa mengatasi permainan Jepang. Apalagi pertahanan dari Senegal sangat kokoh seperti batu.

Senegal bakal mengutip tiga poin sekaligus membuka peluang mereka lolos ke babak 16 besar. Benua Afrika saat ini bergantung kepada Senegal dan Negeria yang tersisa masih bertahan. Sedang Mesir, Maroko dan Tunisia sudah tersingkir. (bu/b)

Comments