Dua pemuda di Rio de Janeiro, Brasil, asyik bermain bola dengan latar belakang mural bendera negara mereka. (reuters)

Serasa Tuan Rumah Lagi, Begini Semarak Piala Dunia di Brasil

BRASIL – Jauh dari Rusia, aroma Piala Dunia 2018 terasa begitu tajam di Brasil. Di jalan-jalan, suasana sepak bola sejagat raya itu terlihat jelas.

Empat tahun lalu, Brasil menjadi penyelenggara perhelatan Piala Dunia. Tahun ini, Rusia yang menjadi tuan rumah.

Meski begitu, Brasil menyambut turnamen ini dengan penuh gegap gempita. Foto-foto di Reuters menunjukkan betapa ‘gila’ Brasil akan permainan bola sepak ini.

Di jalan dekat pantai Barra da Tijuca, Rio de Janeiro, ada gambar Garrincha lengkap dengan seragam kuning biru Tim Samba. Pengunjung yang melintas bisa menikmatinya dengan menundukkan pandangan.

Lalu di pantai yang sama, juga ada grafiti Neymar. Kali ini, terpasang berdiri sehingga pengunjung bsa berfoto di sebelahnya. Lalu, grafiti bendera Brasil juga terlihat di tempat permainan olah raga di pantai itu.

Kreativitas juga terlihat di kawasan Vila Isabel, Rio de Janeiro. Di tempat itu, kabel aliran listrik dihiasi dengan bendera-bendera kecil hijau kuning, warga bendera Brasil.

Dekorasi serupa terlihat di kawasan Gloria, juga di Rio de Janeiro. Hanya saja, selain bendera-bendera kecil hijau-kuning, sejumlah bendera warna serupa juga bergelantungan di bawahnya. Kesan semarak begitu terasa karena tangga di tempat itu juga dicat kuning-hijau.

Pada Piala Dunia 2014, Brasil yang jadi tuan rumah gagal menjadi juara setelah disingkirkan Jerman dengan 7-1 di semi final. Jerman kemudian menjadi juara dengan menekuk Argentina 1-0 di partai puncak. (yp)

Comments