Pemain-pemain Kroasia rayakan gol ke gawang Islandia (reuters)

Singkirkan Islandia 1-2, Kroasia Tampil Sempurna

RUSIA- Kroasia berhasil tampil sempurna pada babak penyisihan Grup D setelah mampu mengalahkan Islandia 2-1 di Rostov Arena, Rabu (27/6/2018) dinihari WIB. Kroasia berhasil jadi juara grup dengan nilai sembilan karena mampu mengalahkan semua lawan-lawannya.

Kroasia akan menghadapi Denmark runner-up Grup C sedangkan Islandia tersingkir bersama Nigeria yang juga kalah 2-1 dari Argentina yang lolos dari lubang jarum.

Menghadapi Islandia, karena sudah memastikan lolos, sebetulnya Kroasia turun dengan pemain pelapisnya. Yang masih tampil hanya Luca Modric dan Ivan Parisic. Meski demikian Kroasia masih saja menguasai pertandingan.

Pada menit ke-19,’ Perisic menciptakan peluang sayang umpannya kepada Kramaric bisa dibaca Ingason.

Sesaat kemudian, Kroasia mendapat sepakan pojok yang diambil Modric. Sepakan geladang Real Madrid menuju kotak penalti namun sebelum bisa digapai oleh Perisic bola sudah dihalau Bjanarson.

Islandia nyaris unggul pada menit ke-31. Sayang sepakan keras Sigurdsson masih bisa ditangkap oleh kiper kedua Kroasia Kalinic. Babak pertama berakhir 0-0.

Memasuki babak kedua, Kroasia kembali menekan Islandia.Pada menit ke-52 sepakan keras Badelj hanya mengenai mistar gawang Islandia padahal Halldorrson sudah tak berkutit.

Akhirnya pada menit ke-53 Kroasia mampu memecah kebuntuan. Gol tercipta ketika Pivaric mengirim umpan yang bisa dituntaskan Badelj dengan tendangan voli. Gol yang sangat cantik.

Gol tersebut justru membuat Islandia berusaha melepaskan diri dari tekanan. Mereka lalu berusaha melakukan serangan. Namun mereka tetap belum mampu mencari gol penyeimbang.

Pada menit ke-65, pelatih Kroasia melakukan pergantian pemain. Kapten tim Luca Modrić, yang sebenarnya bermain bagus di babak pertama, digantikan Bradarić.

Kesempatan itu digunakan oleh Islandia. Akhirnya pada menit ke-76 mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Sigurðsson .

Islandia mendapat hadiah penalti setelah Lovren handball di kotak terlarang ketika berusaha mengantisipasi crossing Sigurdsso. Dan Sigurosson berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Hasil ini membuat kesempatan Islandia lolos ke babak-16 kembali terbuka dan berharap mampu menambah gol.

Namun justru mereka yang kembali kebobolan menit ke-90. Berawal dari umpan manis Badelj ke kotak penalti, lalu dengan tendangan kaki kiri Perisic mampu menjebol gawang Islandia.

Waktu yang tersisa tidak bisa dimanfaatkan oleh Islandia dan akhirnya kalah 2-1. Bagi Islandia tentu hasil ini suda cukup memuaskan karena mereka baru pertama kali tampil di Piala Dunia.

Bahkan pada laga perdanya mereka mampu membuat Argentina menderita karena mampu menahan imbang 1-1 finalis Piala Dunia 2014 itu. Bahkan kiper Islandia mampu menahan tendangan penalti Lionel Messi.(b)

Comments