Pemain-pemain Swedia latihan (reuters)

Swedia Berharap Dewi Fortuna

RUSIA – Regulasi yang diterapkan Federasi Sepakola Dunia (FIFA) tahun ini membuat duel antara ‘El Tri’ Meksiko dan ‘Bl├ągult’ Swedia menyulitkan kedua tim untuk berkongsi atau ‘main mata’ meyingkirkan Tim ‘Panser’ di Piala Dunia 2018.

Dewi fortuna pun menjadi satu-satunya harapan bagi Swedia untuk bisa lolos ke babak 16 besar saat bentrok dengan Meksko dalam laga pamungkas Grup F di Ekaterinburg Arena, Kamis (27/6) pukul 21:00 WIB.

Berdasarkan regulasi FIFA dalam menenukan urutan di fase grup jika ada dua tim atau lebih yang memliki nilai sama, maka hal utama yang diperhatikan adalah head to head di antara tim terkait, sebelum membandingkan produktivitas dan selisih gol.

Potensi adanya poin yang sama antara dua tim atau lebih bisa terjadi pada laga pamungkas di Grup F. Meksiko yang telah mengoleksi enam poin di posisi teratas, unggul tiga angka dari Jerman di posisi kedua dan Swedia di tempat ketiga. Namun dari ketiga tim tersebut, Swedia yang paling terancam bakal terdepak lantaran kalah ead to head dari Jerman usai kalah 1-2 di laga kedua.

SATU-SATUNYA JALAN

Satu-satunya jalan bagi Swedia untuk lolos ke babak 16 besar adalah dengan mengalahkan Mesiko malam nanti, itu pun harus diiringi dengan kegagalan Jerman meraih tiga angka menghadapi Korea Selatan (Korsel) pada saat yang bersamaan. Namun jika Jerman mampu mengalahan Korsel, maka apa pun hasil yang dirah Swedia kontra Meksiko tidak akan menghambat laju Jerman ke babak 16 besar.

Di sisi lain, Meksiko tentu tidak ingin menelan kekalahan dari Swedia demi membidik tempat sebagai juara Grup F guna menghindari Brasil yang berpeluang besar lolos sebagai juara Grup E kalau-kalau Jerman kalah dari Korsel pada saat yang sama.
.

“Saat ini kami harus sudah memikirkan tentang babak 16 besar. Ada Brasil, Swiss, dan Serbia yang akanmenjadi calon lawan kami di sana (babak 16 besar). Tentu kami harus menghindari kekalahan (melawan Swedia) demi menjadi juara grup di fase ini,” tandasnya, seperti dikutip ESPN. (junius/bu)

Comments