Xherdan Shaqiri rayakan gol ke gawang Serbia (reuters)

Swiss Bekap Serbia 2-1, Laga Sengit Bakal Tersaji di Partai Pamungkas

RUSIA – Partai sengit dipastikan bakal tersaji pada laga pamungkas babak penyisihan Grup E Piala Dunia antara Timnas Swiss melawan Kosta Rika dan Serbia kontra Brasil yang digelar Kamis (28/6) pukul 01:00 WIB. Kepastian itu terjadi menyusul kemenangan Swiss atas Si ‘Elang Putih’ Serbia 2-1 di Stadion Kaliningrad, Sabtu (23/6) dinihari WIB.

Dengan hasil itu, tiga tim di Grup E, yakni Swiss, Brasil, dan Swedia sama-sama masih berpeluang lolos ke babak 16 besar.

Brasil yang sukses menekuk Kosta Rika 2-0 di laga sebelumnya, kini memimpin Grup E dengan empat poin atau unggul selisih gol dari Swiss di posisi kedua.

Sementara Serbia berada di urutan ketiga dengan tiga poin, disusul Kosta Rika yang sudah lebih dulu angkat koper setelah tidak memperoleh angka dari dua laga pembuka.

Di atas kertas, Swiss lebih diuntungkan lantaran Kosta Rika, lawan yang mereka hadapi di laga pamungkas tidak memiliki ambisi apa pun untuk mengalahkan mereka.

Namun bukan berarti Swiss tidak bisa gagal melenggang ke babak 16 besar apabila keempat tim tidak ‘main mata’ pada laga pamungkas nanti. Kegagalan itu masih bisa terjadi jika Brasil kalah dengan selisih satu gol dari Serbia dan Swiss secara mengejutkan takluk dari Kosta Rika.

Namun hasil imbang melawan Kosta Rika sudah cukup bagi Swiss untuk mengamankan tempat di babak 16 besar.

Sukses Swiss untuk menjaga kans mereka ke babak 16 besar tidak terlepas dari performa menawan yang diperlihatkan anak-anak asuh Vladimir Petković selama 90 menit laga di Stadion Kaliningrad.

Padahal, tim dari negeri pegunungan Alpen tersebut sempat dikejutkan lewat gol cepat Aleksandar Mitrovic saat laga baru berjalan kurang dari lima menit.

Penyerang Newcastle United itu sukses memanfaatkan umpan Dusan Tadic. Tandukan keras Mitrovic tidak mampu dibendung kiper Swiss, Yann Sommer, sekaligus merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Serbia. Si Elang Putih bahkan mampu mempertahankan keunggulan tersebut hingga turun minum, meski kerap mendapat tekanan dari pemain Swiss yang berusaha mengejar ketinggalan.

Usaha itu dilanjutkan anak-anak asuh Vladimir Petković di babak kedua. Namun gol yang mereka tunggu-tunggu akhirnya datang pada menit ke-52, lewat aksi Granit Xhaka.

Memanfaatkan bola liar, tembakan keras kaki kiri Granit Xhaka dari luar kotak penalti membuat bola meluncur deras dan menghujam gawang Serbia, kawalan Vladimir Stojkovic. Gol tersebut membuat Serbia mulai panik sehingga mulai gencar melancarkan serangan. Sementara Swiss mulai mengendurkan serangan dengan sesekali melancarkan serangan balik kilat ke lini pertahanan Serbia.

Usaha itu pun berbuah manis di penghujung laga. Serangan balik kilat yang berbahaya dari Swiss diperlihatkan saat pemain pengganti, Mario Gavranovic melepaskan umpan terobosan yang dikejar Shaqiri ke kotak penalti Serbia. Dengan sentuhan yang pelan Shaqiri sukses menceploskan bola ke gawang Stojkovic untuk membalikkan keadaan menjadi 2-1. Gol Shaqiri itu sekaligus menjadi penutup hasil akhir di laga ini. Ini merupakan pertemuan pertama sekaligus kekalahan perdana Serbia sejak merdeka dan melepas nama Yugoslavia di pentas Piala Dunia. (junius/b)

Susunan Pemain:

Serbia (4-2-3-1): Vladimir Stojkovic (g); Branislav Ivanovic, Nikola Milenkovic, Dusko Tosic, Aleksandar Kolarov; Luka Milivojevic (Nemanja Radonjic/81″), Nemanja Matic; Dusan Tadic, Sergej Milinkovic-Savic, Filip Kostic (Adem Ljajic/64″); Aleksandar Mitrovic.
Pelatih: Mladen Krstajic.

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer (g); Stephan Lichtsteiner, Fabian Schaer, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Valon Behrami, Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Blerim Dzemaili (Breel Embolo/73″), Steven Zuber (Josip Drmic/90″); Haris Seferovic (Mario Gavranovic/46″).
Pelatih: Vladimir Petkovic.

Comments