Gol Iago Aspas menyelamatkan Spanyol dari kekalahan atas Maroko (reuters)

Tahan Imbang Maroko 2-2, Spanyol Juara Grup Hadapi Rusia

RUSIA- Spanyol dengan dramatis berhasil bermain imbang 2-2 melawan Maroko pada babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 di Kaliningrad Stadium, Rusia Selasa (26/6/2018) dinihari WIB.

Kemenangan Maroko yang sudah di depan mata terbuang percuma karena gol Iago Aspas pada masa injury time babak kedua.

Padahal Maroko sempat unggul pada menit ke-14 lewat gol Boutaib namun dibalas oleh Isco menit ke-19. Maroko sudah di ambang kemenangan ketika En-Nesyri mencetak gol pada menit ke-81.

Namun Iago Aspas yang baru masuk mampu mengubah segalanya dan akhirnya kedudukan menjadi 2-2. Lantaran unggul selisih gol Spanyol berhak di peringkat pertama Grup A meski poin sama dengan Portugal yaitu sama-sama lima. Portugal pun harus puas di peringkat kedua.

Akibatnya Spanyol dan akan berhadapan dengan runner-upp Grup A tuan rumah Rusia. Spanyol terhindar dari tim kuat Uruguay yang kemudian harus berhadapan dengan Portugal. Sedangkan Maroko dan Iran harus segera angkat koper.

Menghadapi Rusia, skuad Hierro tentunya wajib meningkatkan performa mereka setelah sempat mengalami kesulitan mememenangi laga kontra Maroko. Singa Atlas, julukan Maroko bahkan tampil cukup impresif dengan membuat kejutan, meski sudah tidak mempengaruhi nasib mereka di laga pamungkas.

Maroko unggul lebih dulu lewat gol Khalid Boutaïb pada menit ke-14. Kesalahan di lini belakang yang dilakukan oleh pemain Spanyol membuat Boutaïb berada dalam situasi satu lawan satu melawan David De Gea.

Tanpa ampun dia melepaskan tendangan datar yang tidak bisa dicegah kiper De Gea, sekaligus merubah papan skor menjadi 1-0. Beruntung, Matador tetap menurunkan skuad utama mereka, berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat aksi Isco, lima menit berselang.
Memanfaatkan umpan Andres Iniesta, Isco sukses menjebol gawang Maroko dari dalam kotak penalti. Sayang, Spanyol yang lebih banyak tampil menunggu di laga itu tidak banyak melakukan tekanan di kubu pertahanan Singa Atlas, meski intesitas pertandingan berjalan cukup keras. Walhasil, skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Permainan alot kembali diperagakan oleh kedua tim sepanjang babak kedua sebelum Maroko kembali unggul, berkat gol Youssef En-Nesyri di menit ke-81. Sundulan dari En-Nesyri menghujam sisi kiri gawang De Gea usai memanfaatkan umpan sepak pojok. Maroko unggul 2-1. Gol tersebut membuat Spanyol terancam dan langsung bangkit melancarkan serangan.

Gol yang mereka tunggu-tunggu akhirnya datang di masa injury time, berkat aksi Iago Aspas. Gol tersebut sebenarnya sempat mendapat protes dari para kubu Maroko karena menganggap Aspas sudah lebih dulu terangkap off-side.

Namun pada akhirnya wasit memutuskan jika Aspas berada dalam posisi on-side usai menerima umpan silang Daniel Carvajal sebelum menjebol gawang Maroko. Gol tersebut sekaligus menutup laga dengan skor akhir 2-2. Dengan hasil itu, Maroko pun hanya mampu membawa pulang satu angka selama kikutsertaan mereka di Piala Dunia 2018. Selama lima kali keikutsertaan mereka di Piala Dunia, Maroko sudah tersingkir empat kali dan hanya mampu lolos dari fase pertama pada edisi 1986 silam. (Junius/b)

Comments