Kylian Mbappe yang diturunkan di babak kedua tidak mampu memenangkan Prancis. (reuters)

Tahan Imbang Prancis 0-0, Denmark Hadapi Kroasia di Babak 16

RUSIA– Denmark berhasil menahan imbang 0-0 Prancis pada laga babak penyisihan Grup C Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Rusia, Selasa (26/6/2018) malam WIB.

Dengan hasil ini Denmark dan Prancis berhasil lolos babak 16, sedangkan Peru dan Australia harus tersingkir.

Di Grup C, Prancis jadi juara Grup dengan mengemas tujuh poin, di bawahnya Denmark dengan empat poin, di peringkat ketiga Peru dengan nilai tiga dan juru buncit Australia hanya memiliki satu poin.

Denmark lolos karena Autralia yang awalnya diperkirakan mampu mengalahkan Peru justru kalah 2-0. Padahal jika Prancis menekuk Denmark justru Australia yang akan lolos.

Karena sudah memastikan lolos, Prancis pada awalnya tidak menurunkan pemain terbaiknya. Mbappe baru turun pada menit ke-78 menggantikan Dembele. Hanya Antoine Griezmann pemain inti yang bermain sejak menit awal. Paul Pogba maupun kiper utama mereka tidak turun. Didier Deschamps justru memasang Steve Mandanda sebagai penjaga gawang.

Sejak menit awal sebetulnya Prancis sangat menguasai laga. Data yang ada Griezmaan mengusai laga hingga 67 persen.

Les Bleus langsung mendominasi penguasaan bola, namun penyelesaian akhir yang kurang baik dari mereka membuat peluang yang tercipta gagal menjadi gol, begitu juga Denmark, banyak melancarkan serangan namun tak satupun berbuah gol hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua laga tetap berjalan menarik dan terjadi saling serang. Pada menit ke-54 Denmark mendapat hadiah tendangan bebas yang dilepaskan oleh Eriksen. Bola bisa ditahan oleh Mandanda namun terlepas beruntung masih bisa diamankan oleh kiper Prancis itu karena pemain Denmark lainnya langsung mengejar.

Menit ke-63 tendangan sudut yang dilepaskan oleh Eriksen ke arah tengah kotak penalti masih bisa ditinju keluar oleh Mandanda.

Melihat serangan masih belum membuahkan hasil Deschamps menarik keluar Griezmann dan memasukkan Fekir, namun tetap saja belum mampu membawa perubahan.

Tidak itu saja pada menit ke-78, Mbappé masuk menggantikan Dembélé. Masuknya Mbappe menambah variasi serangan Prancis, namun masih tetap gagal untuk melewati hadangan pemain bertahan Denmark.

Bahkan Denmark justru semakin bertahan dan memperlambat permainan karena mengetahui pesaing mereka Australia justru kalah 2-0.

Taktik Denmark berhasil sehingga mereka tetap mampu menahan imbang Prancis. Denmark akan menghadapi Kroasia di babak 16. Sedangkan Prancis masih menunggu siapa yang lolos pendamping Kroasia dari Grup D akan ditentukan pada laga Rabu pukul 01.00 dinihari nanti. (b)

Comments