Sundulan Jose Giminez berbuah gol tunggal pertandingan saat Mesir menghadapi Uruguay di penyisihan Grup A Piala Dunia 2018 (reuters)

Tanpa Mohamed Salah, Mesir Kalah 0-1 dari Uruguay

RUSIA- Uruguay dengan susah payah menang 1-0 atas Mesir dalam babak penyisihan Grup A Piala Dunia Rusia di Stadion Sentral, Rusia, Jumat (15/6/2018) malam WIB.

Gol kemenangan Uruguay baru tercipta pada menit ke-90 lewat sundulan Gimenez, setelah sebelunya Luis Suarez dan Edinson Cavani beberapa kali gagal menjebol gawang Mesir, yang dijaga El-Shenawy.

Mesir yang bermain tanpa Mohamed Salah sebetulnya mampu memberikan perlawanan kepada Uruguay yang bertabur bintang itu.

Uruguay selalu membangun serangan lewat kerjasama Cavani dan Suarez. Kedua bintang Uruguay jadi ancaman serius bagi Mesir.

Suarez mendapat peluang emas pada menit ke-23 untuk mencetak gol ketika bola dari hasil sepakan pojok mengarah padanya di tiang jauh. Sayang, usaha pemain Barcelona masih melebar dari sasaran.

Untuk menahan serangan Uruguay memang Mesir harus menumpuk pemainnya di area pertahanan. Ini membuat Uruguay kesulitan sehingga babak pertama berakhir 0-0.

Memasuki babak kedua Uruguay kembali menekan Mesir. Menit ke-47, Suarez kembali membuang peluang setelah Cavani memberi umpan terobosan dari celah-celah pertahanan lawan. Namun, tembakan bintang Barcelona itu bisa diamankan dengan brilian oleh El-Shenawy.

Menit ke-74 Suarez kembali membuang peluang. Awalnya lewat serangan balik. Cavani menyodorkan bola pada Suarez, yang mendribelnya hingga berhadapan dengan El-Shenawy, tetapi kiper Mesir itu menjatuhkan diri untuk menghentikan langkah sang striker.

El-Shenawy kembali membuat penyelamatan vital pada menit ke-83. Berawal ketika Suarez menyundul bola ke arah Cavani. Dengan tendangan keras pemain Paris Saint Germany itu mencoba keberuntungannya. Namun dengan meyakinkan, kiper Mesir mampu menghalaunya.

Akhirnya pada menit ke-90 Uruguay mampu memecah kebuntuan. Sanchez melepas tembakan bebas dari sisi kanan dan Gimenez melompat tinggi untuk menyambutnya. Tandukannya merobek gawang Mesir.

Gol ini tentu disambut gembira oleh pendukung Uruguay. Setidak kemenangan 1-0 membuat usaha mereka akan lebih mudah lolos dari penyisihan grup. Kini Uruguay memiliki tiga poin sama dengan Rusia. Hanya saja tuan rumah Rusia berhak di peringat pertama Grup A karena unggul selisih gol yang mampu menang telak 5-0 saat menghadapi Arab Saudi. (b)

Comments