Islandia

Julukan

Strakamir Okkar (“Pemuda-pemuda Kami” dalam bahasa Islandia)

Jejak

Tidak mudah bagi Islandia lolos ke Piala Dunia 2018. Tim nasional sepakbola dari sebuah negara nordik ini memiliki jalan yang teramat panjang sebelum berhasil menjejakkan kaki mereka di Rusia.

Sejak Piala Dunia digelar 88 tahun lalu, baru tahun ini Islandia mencapai kompetisi sepakbola tertinggi di dunia. Mereka telah 13 kali gagal di babak kualifikasi, hingga akhirnya lolos untuk kali pertama ke putaran final Piala Dunia tahun ini.

Meski begitu, sebagai tim yang baru menjejakkan kaki di ajang Piala Dunia, Islandia memiliki deretan pemain yang cukup diandalkan serta berpengalaman di kompetisi antarklub Eropa.

Banyak pemainnya yang terlibat dalam perhelatan kompetisi sepakbola kasta tertinggi Liga Primer Inggris. Beberapa dari mereka bahkan bergabung dengan klub-klub yang cukup besar di Inggris, seperti Everton, Cardiff City, Aston Villa, hingga Bristol City.

Islandia di Piala Dunia

1930-1954 – Tidak ikut

1958 – Tidak lolos

1962-1970 – Tidak ikut

1974-2014 – Tidak lolos

2018 – Lolos

Kiper

Hannes Halldorsson, Runar Runarsson, Frederik Schram.

Bek

Kari Arnason, Holmar Eyjolfsson, Rurik Gislason, Sverrir Ingason, Hordur Magnusson, Birkir Saevarsson, Ragnar Sigurdsson, Ari Skulason.

Gelandang

Birkir Bjarnason, Samuel Fridjonsson, Johann Gudmundsson, Aron Gunnarsson, Emil Hallfredsson, Gylfi Sigurdsson, Olafur Skulason, Arnor Traustason.

Penyerang

Jon Bodvarsson, Alfred Finnbogason, Albert Gudmundsson, Bjorn Sigurdarson.

Pelatih

Heimir Hallgrímsson

Group D

Team MP W D L GD Pts
— HR / Kroasia 3 3 0 0 6 9
— AR / Argentina 3 1 1 1 -2 4
— NG / Nigeria 3 1 0 2 -1 3
— IS / Islandia 3 0 1 2 -3 1