Jepang

Julukan

Samurai Blue (Samurai Biru), Zac Jepang.

Jejak:

Meski baru seumur jagung, Timnas Jepang yang memulai debutnya di Piala Dunia 1998, kerap dianggap sebagai salah satu tim penggembira di ajang sepakbola sejagad tersebut.

Hal itu merujuk pada catatan yang diraih Timnas Jepang sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia.

Dari empat kali keikutsertaan mereka di Piala Dunia, prestasi tertinggi tim Samurai Biru itu baru adalah lolos dari fase grup yakni pada edisi 2002 saat menjadi tuan rumah bersama Korea Selatan dan 2010 di Afrika Selatan.

Meski demikian, bukan berarti Jepang tidak memiliki kemampuan untuk berbicara banyak di Piala Dunia di Rusia tahun ini. Apalagi Jepang cukup beruntung dari keempat wakli Asia lainnya. Maklum, Jepang tergabung di Grup H bersama tim-tim dengan kekuatan yang relatif setara, seperti Polandia, Senegal, dan Kolombia. Alasan itulah yang membuat tim yang berada di urutan 61 dalam daftar rangking FIFA, hasil rilis 7 Juni 2018 itu tetap percaya diri untuk bisa membuat sejarah baru dalam keikutsertaan mereka di ajang bola sejagad tahun ini.

Dihuni oleh mayoritas para pemain muda, nama-nama seperti Maya Yoshida, Makoto Hasebe, dan Shinji Kagawa kemungkinan bisa menjadi penyimbang untuk menampilkan performa menawan Samurai Biru.

Sepanjang perjalanan mereka ke Rusia, Jepang mampu melewati hadangan Suriah, Singapura, Afganistan, dan Kamboja di fase pertama. Pada fase kedua di babak kualifikasi Jepang kembali menunjukkan tajinya dengan melewati hadangan Arab Saudi, Australia, Uni Emirat Arab, Irak, dan Thailand.

Tahun Prestasi
1998 Putaran pertama
2002 Putaran kedua
2006 Putaran pertama
2010 Putaran kedua
2014 Putaran pertama

Kiper

Eiji Kawashima, Masaaki Higashiguchi, Kosuke Nakamura.

Bek

Yuto Nagatomo, Tomoaki Makino, Wataru Endo, Maya Yoshida, Hiroki Sakai, Gotoku Sakai, Gen Shoji, Naomichi Ueda.

Gelandang

Makoto Hasebe, Keisuke Honda, Takashi Inui, Shinji Kagawa, Hotaru Yamaguchi, Genki Haraguchi, Takashi Usami, Gaku Shibasaki, Ryota Oshima.

Penyerang

Shinji Okazaki, Yuya Osako, Yoshinori Muto.

Pelatih

Akira Nishino

Group H

Team MP W D L GD Pts
— CO / Kolombia 3 2 0 1 3 6
— JP / Jepang 3 1 1 1 0 4
— SN / Senegal 3 1 1 1 0 4
— PL / Polandia 3 1 0 2 -3 3