Panama

Julukan

Los Canaleros (The Canal Men), La Marea Roja.

Jejak

Piala Dunia 2018 merupakan keikutsertaan Panama untuk pertama kalinya dalam sejarah sepakbola. Tim berjuluk Los Canaleros itu setelah selalu gagal melewati fase kualifikasi sejak 1974.

Tidak negara yang dikenal dengan terusan yang menghubungkan Samudra Atlantik dan Pasifik itu melakukan perayaan besar-besaran atas lolosnya Los Canaleros ke Rusia tahun ini. Panama memang tidak diunggulkan, bahkan saat di fase kualifikasi zona Concacaf (Amerika Utara dan Tengah). Namun upaya mereka untuk mengantongi tiket ke Piala Dunia 2018, tetap harus diacungi jempol.

Panama memastikan kelolosan mereka dengan dramatis pada matchday terakhir kualifikasi Zona Concacaf setelah mengalahkan Kosta Rika 2-1 pada laga terakhir dan mengamankan peringkat tiga, hanya unggul selisih gol atas Honduras yang mengumpulkan poin yang sama.

Selain itu, semangat mereka tentu akan berlipat ganda demi membuktikan bahwa mereka benar-benar layak untuk berlaga di Piala Dunia tahun ini. Panama juga ditukangi oleh pelatih berpengalaman sekelas Hernan Dario Gomez yang dikenal memiliki sentuhan ajaib.

Memiliki spesialisasi menangani timnas, Gomez sudah pernah mengantarkan Kolombia ke Piala Dunia 1998 dan kemudian Ekuador ke Piala Dunia 2002. Dengan mengandalkan pertahanan disiplin, Gomez menata pasukannya untuk bisa melakukan serangan kilat. Hal-hal inilah yang membuat Panama patut untuk diperhitungkan di Rusia, meski mereka tergabung bersama tim-tim kuat seperti Belgia, Tunisia, dan Inggris di Grup G.

Panama di Piala Dunia

Tahun Prestasi
1930 sampai 1974 Tidak ikut
1974 sampai 2014 Tidak lolos

Kiper

Jaime Penedo, José Calderón, Álex Rodríguez.

Bek

Michael Amir Murillo, Harold Cummings, Fidel Escobar, Román Torres, Adolfo Machado, Erick Davis, Luis Ovalle, Felipe Baloy.

Gelandang

Gabriel Gómez, Édgar Bárcenas, Armando Cooper, Valentín Pimentel, Ricardo Ávila, Aníbal Godoy, José Luis Rodríguez.

Penyerang

Blas Pérez, Gabriel Torres, Ismael Díaz, Luis Tejada, Abdiel Arroyo.

Pelatih

Hernán Darío Gómez.

(jun)

Group G

Team MP W D L GD Pts
— BE / Belgia 3 3 0 0 7 9
— GB-ENG / Inggris 3 2 0 1 5 6
— TN / Tunisia 3 1 0 2 -3 3
— PA / Panama 3 0 0 3 -9 0