Kiper Inggris Jordan Pickford tidak mampu menjangkau tembakan terukur Januzaj. (reuters)

Tekuk Inggris 0-1 Belgia Kirim Sinyal Kuat Sebagai Calon Juara

RUSIA- Pada laga yang sebetulnya tidak terlalu berpangaruh lagi, Belgia mampu mengalahkan Inggris 1-0 pada babak penyisihan Grup G Piala Dunia di Kaliningrad Stadium, Rusia, Jumat (29/6/2018) dinihari WIB.

Kemenangan ini tentu selain membawa Belgia jadi juara grup, juga menunjukkan mereka memang pantas jadi favorit juara pada Piala Dunia kali ini.

Belgia memberikan sinyal kuat kepada negara lain, bawah Eden Hazard dan kawan-kawan siap memboyong piala ke negaranya.

Betapa tidak bermain dengan pemain pelapis saja, Setan Merah julukan Belgia, mampu mengalahkan pasukan Inggris yang bermaterikan pemain muda.

Bahkan skuat asuhan Roberto Martinez tersebut mampu tampil lebih dominan sejak menit awal. Menit keenam malah nyaris unggul namun sayang sepakan Youri Tielemans masih mampu digagalkan oleh Jordan Pickford.

Empat menit kemudian, giliran Michy Batshuayi yang nyaris menggetarkan jala The Three Lions, yang memanfaatkan kemelut di depan gawang, beruntung Gary Cahill tampil sigap mengantisipasi bola tepat di atas garis.

Tentu saja Inggris tidak mau ditekan terus. Mereka juga membalas melalui penetrasi Trent Alexander-Arnold di sisi kanan dan juga mengandalkan kecepatan Marcus Rashford plus kecerdikan Jamie Vardy di lini depan.



Tetapi, usaha kedua tim belum berbuah gol sehingga babak pertama kedudukan 0-0.

Awal babak kedua, Inggris lewat usaha Rashford sempat mengejutkan Belgia ketika melepas tembakan melengkung. Sayang bola belum memenuhi sasaran.

Belgia yang terus mendomonasi laga akhirnya mampu memecah kebuntuan pada pertandingan ini. Januzaj yang dikawal Danny Rose dengan cerdik melepas tembakan terukur yang tidak mampu dijangkau Pickford untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Inggris berusaha menyamakan skor, peluang terbaik didapatkan Rashford ketika berhadapan satu lawan satu dengan Courtois, namun kiper Belgia tersebut mampu menepis bola untuk mempertahankan keunggulan.

Di menit akhir, Belgia beberapa kali nyaris menggandakan skor, pertama melalui tendangan jarak jauh Dries Mertens yang bisa ditepis dan kemudian Marouane Fellaini yang bebas di kotak penalti tapi sepakannya masih menyamping. Alhasil, hingga laga berakhir kedudukan 1-0 tetap bertahan.

Belgia pun memuncaki klasemen grup G usai memukul Inggris – yang lolos sebagai runner-up – berkat gol tunggal Adnan Januzaj. Bagi Inggris posisi runner-up tidak menjadi opsi yang buruk.Sedangkan Tunsia dan Panama harus tersingkir dari grup ini. (b)

Comments